4/04/2021

Unboxing dan Review Printer Epson EcoTank L3110 ( Print, Scan, Copy )

RahmanCyber.NET | Tekno - Hai Sobat Racy! :) saya harap kalian selalu dalam keadaan sehat dan dilimpahkan rejekinya.

Epson, Epson itu merupakan Brand yang sudah lama dikenal dengan Produk Printernya yang cukup banyak menghiasi usaha usaha di bidang percetakan, entah itu skala kecil maupun besar. Kalo disekitar kita pun juga banyak yang memakai untuk usaha print / cetak dokumen, tetapi kebanyakan memang bagus di cetak Foto ( dari tempat saya kerja dulu ) kenapa pilih epson, karena kualitas cetak fotonya bagus.

 

Epson L3110 Unboxing

 

 

Produk Printer InkTank Epson sendiri hampir sebagian besar dibuat di pabrik PT Epson Indonesia yang berlokasi di daerah Cikarang, Bekasi ( Sumber : https://inet.detik.com/consumer/d-2179816/epson-sebagian-besar-printer-kami-dibuat-di-indonesia ) . 

 

PT Epson Indonesia merupakan perusahaan penjualan dan pemasaran, anak perusahaan dari Seiko Epson Corporation (セイコーエプソン株式会社 Seikō Epuson Kabushiki-gaisha ) yang telah didirikan sejak 1942, bermarkas di Suwa, Nagano, Jepang.

 

Sebenarnya, Epson sendiri tidak hanya produksi printer saja, melainkan juga scanner, projector.. tetapi memang kalo disebut nama epson, kalo saya sendiri identik dengan produk printernya.


Sudah banyak sih seri printer yang dikeluarkan, kalo di tempat saya bekerja sekarang untuk keperluan cetak sehari hari ( cetak dokumen, seperti Journal, Label CD, Cover CD, Proposal, Laporan ) pakainya Epson L130 yang Tanki infusnya masih ada di samping, harga sekarang kisaran 1,2juta - 1,7jt dari pengamatan di Marketplace. 

 

epson l130

 

Tetapi sudah agak jarang, karena kebanyakan yang saya temui sekarang adalah printer epson seri terbaru, seperti yang akan kita ulas kali ini.


Untuk penampakan L130 nya seperti diatas itulah kira kira yang ada di kantor tempat saya bekerja.

 

Yang akan kita bahas kali ini adalah Salah satu seri dari EcoTank EPSON, karena memang ada beberapa seri yang ada di pasaran, dan yang saya beli ini Printer Epson EcoTank L3110 yang sudah All in One ( Bisa Cetak, Scan dan Copy ) jadi selain buat buka Usaha Cetak, Printer ini juga dapat saya gunakan untuk Buka Jasa Scan Dokumen dan Fotocopy Warna maupun Hitam Putih.

 

Epson L3110 Unboxing


Sudah berani dong untuk kelas banyak.. karena memang ini sudah memakai teknologi Tank, sehingga tidak bolak balik ngisi karena tinta habis :)



Kalau kalian berada di daerah Semarangan, disini saya Terima Jasa Cetak, Scan dan Fotocopy nih :) bisa PM untuk cek harga dan Prosedur Pemesanan.

Atau mau buka usaha sendiri di tempat kalian, silahkan :) semoga ini bisa jadi referensi buat kalian..



Sebenarnya kalo dilihat dari segi harga sih, saya agak kagum sih, kenapa? karena udah 3 tahun lebih, harganya masih stabil! kalo dari pengamatan saya, Printer Epson seri EcoTank L3110 ini mulai diluncurkan bulan Oktober 2018, kalo dihitung di tahun 2021 ini, sudah 3 tahunan dong..

 

Dan ketika saya pantau, harga pas awal itu 2.3jt an.. di tahun 2021 ini, ternyata saya mendapat harganya rata masih kisaran 1.9juta sampai 2.2juta di marketplace.

 

Saya kebetulan dapet harga yang 1,98 jt an.. udah termasuk onkir sih.. hehe, karena belinya Online.


Kenapa saya kecantol Printer Epson L3110 ini, karena memang faktor multifungsinya, Yup! terlebih, pas beberapa printer tempat saya perlu ganti catridge.. hehe, karena kebanyakan buat cetak, satunya udah sampai 7000 lebih, dan udah mulai garis garis dan warna tidak tajam.. 


Jadi saya alhasil memutuskan untuk beli deh, buat nambah pasokan Printer.. :) semakin banyak, semakin cepat khan.. :D


Apalagi ini udah support scan dan copy, seperti yang saya utarakan diatas tadi, bisa buka usaha Fotocopy Warna, Fotocopy biasa, tetapi tetap untuk harganya beda ya, dengan yang memakai mesin Fotocopy Monokrom, yang memang di desain untuk Cetak Banyak.


Sebenarnya ada yang bilang sih, kalo Printer ini itu kurang Tangguh untuk cetak, tetapi setelah saya amati, ya kemungkinan dianggap kurang tangguh, dalam hal di modifikasi.


Saya sendiri memang tidak menyarankan untuk modifikasi, terutama Tinta. Karena hal itu bisa berpengaruh pada ke awetan katridge, selang dan perangkat cetaknya sendiri ( Ini dari Sudut pandang saya pribadi )


Biasanya saya memakai Tintapun yang asli atau yang kalo Inkjet ya Inkjet, jadi tidak memaksakan untuk tinta yang di khususkan untuk Art Paper :)


Memang sih banyak yang bisa ( kalo kalian browsing, kalian mungkin bisa menemukan berbagai tutorial untuk membuat L3110 ini support Art Paper ), dan itu adalah pilihan ya, kalo mau di alih fungsikan..  Oh iya untuk dapat support art paper, kalian perlu tinta khusus loh ya, kalo kalian pakai tinta bawaan ya.. enggak bisa :) komentar deh kalo bisa.. wkwkwk

 

Ada tinta khusus.. kalian bisa searching di marketplace.


Tetapi ya, gitu deh "DO IT YOUR OWN RISK" Resiko tanggung sendiri.. kalo saya pribadi.. biasanya eksperimen seperti itu beraninya di Printer printer Lawas.. atau yang udah ganti catridge.. :))))


Kalo Printer Baru, eman eman.. Terima Orderan yang Inkjet Injet aja dulu, nanti kalo udah ada rejeki, bisa upgrade alat.. hehe, toh juga daya listriknya belum saya naikin.. :D



Pembelian Printer Epson L3110 All in One tanpa Wifi


Saya membeli Printer ini di Bulan Maret, pas ada diskon / potongan harga, agak was was sih, karena barang diskon..

 

karena sempet liat ada yang review katanya ada yang Paper Jam, padahal baru... Walau hal itu bisa diatasi ug..

 

Tapi, hal seperti itu tidak bisa dijadikan patokan gan, karena tiap orang memiliki pengalaman berbeda beda.

Tapi gak masalah lah, kan bisa ditukar, alhasil saya membelinya di salah satu Marketplace ternama... tapi disitu tertera Epson Official.. hehe


Saya memilih pengiriman yang biasanya, Standard.. ternyata memang biaya pengiriman itu GG banget, makannya saya ngincer pas promo :)

 

Akhirnya Sampai juga setelah kurang lebih 5 hari... sejak pemesanan..

Kita buka nih, Box Printer dikemas dengan baik kok, kita tau juga kalo produk elektronik semacam ini, biasanya didalam kardus udah ada gabus disetiap sisi.. jadi gak terlalu khawatir.

Cuman memang perlu ekstra hati hati dalam pengiriman.. apalagi kalo antar pulau.

 

 

Unboxing Printer Epson L3110, Apa aja sih yang ada didalamnya ?

 

Jadi isi dari paket penjualan yang Saya dapatkan untuk Printer Epson L3110, yang sebenarnya udah ada seri L3150 yang ada Wifinya, hehe ..

 

Epson L3110 Unboxing view

 

Sobat RahmanCyber Net bisa lihat, dibawah ini...



Jadi kita itu dapet....

 


1. Printer L3110 All in One ( Print, Scan, Copy ) - termasuk Catridge

Printer L3110 All in One ( Print, Scan, Copy )

 

2. Kabel Data Printer L3110 (USB Type A ke USB Type B) -> Perbedaan USB A, B, dan C

Kabel Data Printer L3110 (USB Type A ke USB Type B)

 

3. Kabel Power Printer L3110

Kabel Power Printer L3110

 

4. Kartu Garansi ( 2 tahun )

Kartu Garansi ( 2 tahun )

 

5. Guide / Buku Panduan

Guide / Buku Panduan

 

6. CD Driver

CD Driver

 

7. Paket Tinta Original [Desain Anti Tumpah] ( CMYK ) Cyan Magenta Yellow Key ( Key disini adalah Black, gabungan dari Cyan, Magenta, Yellow - ini ilmu cetak mencetak sih, karena kalo berurusan dengan cetak, biasanya pakai warna CMYK - hal ini beda kalao kita biasanya untuk digital misal web.. pakainya RGB ) 

Paket Tinta Original

 

8. Daftar Alamat Service Center dan Pamflet Cek Keaslian Printer

Daftar Alamat Service Center


 

Kalo pengen lihat Realnya, bisa lihat di Video UNBOXING.





Cara Memasang Tinta 

 

Cara memasang Tintapun cukup mudah Gan, tetapi kalian perlu perhatikan, jika nanti printer sudah terisi tinta, jangan kalian berdirikan printer secara vertikal, karena menyebabkan tinta bisa tumpah atau merembes.. peringatan ini saya dapat dari Box pembelian.

 


Cara memasang Tinta epson l3110

 

 

Untuk memasangnya, bisa buka penutup bagian tank tinta

Setelah itu buka Tutup Tinta dan Masukkan sesuai dengan Stiker yang sudah disediakan sebagai Guide atau penunjuknya.

Misal Tinta Yellow ya ke Yellow.

Untuk mengisinya tinggal di masukkan saja kelubang tanki tinta yang dituju, setelah kita buka tutup botol tintanya.

Karena desainnya anti tumpah, jadi enak kan.. ehehe.. enggak kotor kotoran.


Kalo udah bisa langsung ditarik kembali, dan otomatis nutup..setelah itu agar lebih aman, pasang penutup utamanya.



 

Pemasangan power dan Kabel Data

 

Port Power dan Kabel data ternyata satu sisi, ada di bagian kanan, jadi tidak mencar kanan kiri, sehingga ini lebih memudahkan kita untuk melakukan penyetingan / penempatan  untuk dihubungkan ke komputer, 

jadi bisa jadi satu dengan port daya yang digunakan untuk perangkat lainnya yang ada di area komputer.

 

 

 

Berapa sih Ukuran Printernya ?

Printer Epson L3110 ini memiliki ukuran / dimensi 375 x 347 x 179 mm

 

 

 

Berapa Berat Printer L3110 ini?

 

3.9 kg , cukup enteng untuk sekelas printer dengan Scanner built in. 



Apakah mendukung Print 2 Sisi?

 

Tidak, ini hanya 1 sisi saja.

 

 

Berapa Resolusi yang didukung?

 

Printer, mampu mencapai resolusi 5760 x 1440 dpi

 

 

Berapa lembar yang dapat di cetak dengan sekali pengisian tinta?

 

Dari perkiraan yang saya dapatkan dari Box Penjualan, Tinta Hitam, bisa mencetak sebanyak 4500 , Sedangkan Tinta Cyan, Magenta, Yellow... masing masing dapat mencetak 7500 kali.

Artinya, jika kita mau cetak sebanyak 7500, maka tinta blacknya diisi 2 kali.. sebenarnya agak kurang besar sih untuk paket tinta yang Black.

Ukuran yang lebih besar mungkin menjadi masukan yang lebih tepat, kenapa? karena Black itu hampir merupakan tinta yang selalu digunakan.. :)

Jadi kalo untuk EPSON L3110 ini, desainnya sama ukuran tankinya, CMYK.

 

 

Berapa Maksimal Kertas yang didukung untuk Scannernya?

 

Ya, untuk scannernya memang standard, yaitu A4, letter, jika lebih itu maka akan terpotong. Kualitas Copy: Colour / Black-and-White; Draft / Standard,  Maksimal sekali Copy: 20 copies, ISO 29183, A4, Simplex (Black / Colour): Up to 7.0 ipm / 1.7 ipm, Maksimal Resolusi Copy: 300 x 300 dpi

 

 

Sistem Operasi yang didukung Apa Aja?

 

Info yang saya dapatkan dari Box, Sistem Operasi yang didukung antara lain 

  • Windows XP / Vista / 7 / 8 / 8.1 / 10 
  • Windows Server 2003 / 2008 / 2012 / 2016
  • Mac OS X 10.6.8 atau lebih tinggi

 Lha Linux? Hmmm.. https://epson.com.jm/Support/Printers/All-In-Ones/L-Series/Epson-L3110/s/SPT_C11CG87301?review-filter=Linux

Itu ada drivernya.. 



Apa saja Ukuran kertas yang didukung untuk pencetakan?

 

Legal, Indian-Legal (215 x 345 mm), 8.5 x 13", Letter, A4, 16K (195 x 270 mm), B5, A5, B6, A6, Hagaki (100 x 148 mm), 5 x 7", 4 x 6", Envelopes: #10, DL, C6


Maksimal kertas ukuran 215.9 x 1200 mm (8.5 x 47.24")



Berapa kecepatan Pencetakan?

 

  • Photo Standar - 10 x 15 cm / 4 x 6 ": perkiraan 69 sec per photo (Border) / 90 sec per photo (Borderless)
  • Draft, A4 (Black / Colour): Mencapai  33 ppm / 15 ppm 
  • ISO 24734, A4 Simplex (Black / Colour): Mencapai 10 ipm / 5.0 ipm
  • First Page Out Time from Ready Mode (Black / Colour): Perkiraan 10 sec / 16 sec


 

Berapa Kertas Maksimal yang dimasukkan sekali Cetak?


  • Bisa mencapai 100 lembar - Kertas A4 / Letter Plain (80 g/m2)
  • Bisa Mencapai 20 lembar - Kertas Premium Glossy Photo, 10 lembar - Envelope, 30 lembar - Postcard

 

Berapa Kertas Maksimal yang dapat ditampung pada saat keluaran cetak?


  • Bisa sampai 30 lembar,  untuk kertas A4 plain
  • 20 lembar, untuk Kertas Premium Glossy Phot

 

 

Kelebihan Printer EPSON L3110 

Kelebihan ini bersifat subjektif

1. Printer ini paket komplit, udah mendukung All in One / Print, Scan, Copy

2. Pengisian Tinta Mudah karena Sistem Tanki, dan Botol Tinta Original Printer L3110 sudah mendukung Anti Tumpah, jadi tidak perlu khawatir lagi belepotan kena tinta printer.

3. Bisa mencetak sampai 7500 kali ( perkiraan di box penjualan )

4. Kompatibel dengan berbagai Sistem Operasi Komputer

5. Printer EPSON L3110 All in One ini dapat mencetak Borderless / tanpa Tepi Hingga Ukuran 4R

6. Printer tidak terlalu Berat

7. Desain Printer tidak terlalu Besar

8. Mantab untuk cetak foto, karena udah mendukung sampai resolusi 5760 x 1440 dpi

9. Port Power dan Port Data jadi satu Sisi

Port Power dan Port Data jadi satu Sisi Epson L3110 satu sisi


Kekurangan Printer EPSON L3110

Kekurangan ini bersifat subjektif

1. Bodynya agak tipis, jika dibandingin dengan printer printer yang pernah saya beli sebelumnya.. ^_^


 

 

 

 

Key!

Unboxing dan Review Printer Epson L3110,
Printer Epson L3110,
Cara Isi Tinta Printer Epson L3110,
Cara Install Driver Printer Epson L3110,
Cara Scan Printer Epson L3110,

 

 



 






 




Posting Komentar

Follow by Email

Whatsapp Button works on Mobile Device only