2/14/2021

9 Sikap yang dapat membuat hidup lebih mudah

RahmanCyber.NET | Kehidupan - Kadang memang sering ya ngerasa berat banget, apalagi ketika dihadapkan dengan permasalahan permasalahan, kalau saya pribadi permasalahan sosial memang menjadi momok terberat.

 

Entahlah, mungkin berbeda ya dengan kalian..

 

Saya disini  juga sedang berusaha memperbaiki diri kok .

Tiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing.. Saya yakin kalian yang membaca ini juga memiliki kelebihan khusus.. disamping kekurangan yang ada...

 

Oh iya, pada postingan kali ini kita tidak membahas tutorial, melainkan share tentang catatan. 

 

Disini saya mencoba membagikan beberapa catatan "Bagaimana Bersikap tentang suatu hal, yang kemungkinan bisa membuat hidup lebih mudah... artinya tidak terlalu beban pikiran.. "

 

 

life like a boat

 

Apa saja sih ? Yuk Simak

 

 


1. Sikap Tidak Mudah Tersinggung

 

jangan mudah tersinggung

 

 

Mungkin hal Ini sangat sulit bagi sebagian orang, dan sepertinya saya juga.  Tetapi yang perlu diingat Penting untuk memiliki realitas dalam hidup, bahwa jangan sampai tenggelam dalam sudut pandang orang lain.  Jika seseorang menilai kita, itu lebih berkaitan dengan mereka daripada kita sendiri... dan sikap "Jangan Mudah Tersinggung" ini dapat mengurangi kerusakan yang lebih parah.. 

 

misalnya keretakan hubungan dengan orang tersebut... atau membatasi ruang gerak kita sendiri karena sudut pandang kita mengatakan bahwa dia adalah musuh.

 

Jadi sikap terbaik adalah menerima, tetapi bukan berarti kita mengerjakan apa yang dinilai orang lain tersebut.. kita berhak atas kendali diri kita sendiri..

 



2. Sikap Terhadap Kesehatan

 

sehat

 

Menjaga kesehatan secara umum, dengan nutrisi yang tepat sering kali terabaikan.  Itu pasti bisa membuat hidup lebih mudah seiring bertambahnya usia.

 



3. Sikap Terhadap Kesendirian

 

kesendirian

 

Belajarlah ok untuk menjadi baik dengan sendirian.  Ini dalam artian bukan berkaitan dengan agama ya... bukan... (karena kalau dalam agama kita dianjurkan untuk saling mengingatkan - 'Al Asr') 

tetapi untuk sikap terhadap kesendirian itu lebih ke "kamu belajar untuk tidak apa apa kok meski sendirian tidak selalu harus sama temen" 

Begitu banyak orang harus menjalin hubungan.  Mereka harus dikelilingi oleh banyak teman atau seseorang 24/7.  Kamu dan saya dapat belajar banyak tentang diri kita dengan kesendirian.  Jangan menghabiskan seluruh hidup kita untuk lari dari diri kita sendiri.  

Karena dengan begitu kita Tidak pernah tahu siapa diri kita sebenarnya, apa sih yang diinginkan diri kita.
 

 

4. Sikap Terhadap Media Sosial

 

sikap terhadap media sosial

 

Kebanyakan dari apa yang kita lihat atau baca di sana adalah pencitraan alias kadang bisa saja palsu, walaupun ada juga yang enggak.. tapi kadang hal itu kadang memunculkan dilema membanding bandingkan 'yang membuat diri kita malah menyakiti diri sendiri'.  Semua orang mencoba menggambarkan citra untuk mengesankan seseorang sementara di bawah kehidupan mereka kadang tidak seperti yang mereka gambarkan.

Tapi memang  kita tak bisa pungkiri jika kadang ada pasang surut.. kadang ada juga yang mereka bersosial media untuk menyimpan momen ketika dalam keadaan naik... untuk kenang kenangan dan catatan, bahwa pernah berada di fase itu....

jadi oh iya seperti yang saya bilang diawal, tidak semua ya palsu 'kita tak pernah bisa menebak isi hati seseorang yang sebenarnya, tetapi kadang dari tingkah laku, bisa tercemin...'

Bagaimana bersikap? Inti dari catatan ini agar kita tidak malah menyakiti diri sendiri karena membanding bandingkan..  jadi enggak apa apa kita bersosial media, tapi kita siap dulu nih, untuk menjadikan itu hiburan atau memotivasi saja, yakinkan pada diri sendiri bahwa tiap orang memiliki jalan masing masing dan shelternya juga tidak sama.


Oh iya.. tambahan

"Jangan Mudah Tersulut, dalam Bersosial Media - Karena bisa jadi kamu sedang dipermainkan akun kagebunshin... "


 

 

5. Sikap Terhadap Diri Sendiri

 

 

diri

Bersikaplah mudah pada diri sendiri, hidup terkadang bisa sulit.  Pembicaraan diri yang negatif tidak ada gunanya. Ini hampir berkaitan dengan Sikap Terhadap Sosial Media diatas... setiap orang memiliki kelebihan masing masing, kadang kita hanya belum menemukannya saja.. berusahalah untuk mengenali diri sendiri, kadang kelebihan itu adalah hal yang kita bisa lakukan tanpa paksaan, kita merasa mudah melakukannya, dan tentunya hal yang positif ya, karena yang negatif saya yakin akan membuat menyesal.

 

 

6. Sikap BerSyukur

 

rasa syukur
belalang aja bersyukur... masak kamu enggak..

 

 

Hal inilah yang membuat hidup kita menjadi lebih tenang, terhindar dari sikap mengeluh juga ya sepertinya, karena dengan bersyukur.. kita benar benar berada di titik alpha, 'ZERO' ,

Coba deh untuk melatih rasa syukur, Buatlah daftar kecil dari 3 hal yang kamu syukuri setiap hari.

Jika dalam agama islam, hal ini bisa kok di kombinasikan sama do'a, jadi do'a habis sholat itu tidak melulu tentang permintaan, coba deh untuk tautkan rasa syukur. Saya yakin, kamu akan menjadi lebih tenang... karena lagi lagi... kedekatan dengan Sang Pencipta lah yang membuat permasalahan yang kita hadapi terasa lebih ringan untuk diselesaikan... lalu kita bisa naik level deh.. karena udah menyelesaikan permasalahan..

 

Karena permasalahan yang berhasil kita selesaikan itu, akan menjadi pelajaran berharga.. semacam anti body gitu ya... kalo kita sudah pernah mengatasinya.. jika kita berhadapan dengan masalah yang sama, kita menjadi lebih ringan untuk menyelesaikannya...



7. Sikap Terhadap Jalan yang jarang dilalui

 

road

 

Jangan mengambil jalan yang dilalui orang lain, atau apa yang diperintahkan kepada Kita untuk tumbuh dewasa.  Ambil jalan yang Kita inginkan.  Itu hidupmu! kamu yang memiliki kontrol dan kamu yang merasakan....

kamu bebas menerima masukan, tetapi keputusan ada di tanganmu. Sikap ini sangat berkaitan dengan kemandirian.

Pesan dari Catatan ini "Jangan Mengambil jalan negatif" sedang kamu tau dampak akhirnya... jika tak ingin larut dalam penyesalan. 




8. Sikap Terhadap Perbedaan

 

 

perbedaan

 

 

Jangan khawatir tentang benar atau salah.  Jangan memaksakan pendapat Kita pada siapa pun.  Jauh lebih mudah untuk "melepaskannya" daripada membuang-buang energi, bahkan jika Kita tahu bahwa Kita benar.

 

Kalau dalam Agama Islam saya pernah membaca "Untukmu Agamamu, untukku Agamaku" itu merupakan pernyataan final dan bijak.. artinya jika kita sudah mengutarakan pemikiran kita.. ya sudah, orang lain memikliki kontrol terhadap diri mereka sendiri, mau menerima atau menolak.

 



9. Sikap Terhadap "Pain" - Penderitaan Mental

 

 

goal

 

 

Terakhir, hidup ini penuh dengan penderitaan mental.  Bisa saja hal ini dihasilkan dari kehidupan Bersosial.. dan beragam tekanan lainnya.

Belajarlah untuk duduk dalam rasa sakit itu sebentar, belajar darinya, dan bergerak lagi.  Cara terbaik melewati situasi yang mengerikan adalah terus bergerak, jika Kita berhenti, hidup akan terasa tak tertahankan.

Cara mengatasi masalah adalah dengan menyelesaikannya bukan? ya karena itu berkaitan dengan level... ketika kita berhasil mengatasi permasalahan, maka level kita naik karena tambahan exp.

 

Ini sering dipelajari dalam game RPG.

 

 

 

Itulah beberapa Catatan terhadap Sikap yang dapat membuat hidup lebih mudah.

 

 

 

Ambil aja yang sesuai.. dan ingatkan saya jika ada kesalahan..

 

Jika ada salah kata dan penjelasan... saya mohon maaf.. karena memang topik 'Life' itu enggak mudah, saya lebih menjadikan ini sebagai berbagi catatan saja..

artinya saya bukanlah trainer yang mengharuskan kamu seperti ini itu.. bukan..

 

 

 

 

F.N.A-RED

 






Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu di https://www.rahmancyber.net Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link Youtube Channel Resmi RahmanCyber Network
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Baca Juga

Posting Komentar

Follow by Email

Whatsapp Button works on Mobile Device only