10/01/2015

Bahaya terlalu lama di depan Layar Komputer Bagi Kesehatan







Sobat RahmanCyber.Net pasti sering nih di depan layar komputer terlalu lama untuk bekerja, sekedar mengusir penat, mMengerjakan Tugas Kuliah atau main Game. Mungkin tidak semua ya, tapi ternyata, terlalu lama didepan monitor komputer, laptop, tablet atau smartphone kita ternyata memiliki dampak yang sangat signifikan bagi kesehatan kita, terutama mata.

Nah maka kita dari "Info Sehat" akan mengupas nih, apa aja dampak yang dapat ditimbulkan dari kegiatan didepan komputer, mengingat pentingnya pembahasan ini, sehingga kita coba tampilkan di posting Rahmancyber.net. Tetapi batasan pembahasan kali ini kita lebih berfokus pada komputer, walau untuk gadget lainnya juga sama, sehingga bisa juga untuk referensi gadget lainnya, karena hampir semua menggunakan layar dan sampai saat ini masih belum ditemukan layar yang benar - benar 100%anti radiasi terhadap mata, sehingga sebagai pengguna pintar, kita harus meminimalisir tingkat bahayanya..


Pernah Dengar CVS? ( Computer Vision Syndrome ) yakni suatu keluhan mata dan penglihatan akibat di bekerja didepan komputer terlalu lama, Memang penggunaan komputer dengan jangka waktu yang lama atau kurang lebih 8 jam per hari akan bisa berdampak buruk bagi kesehatan, terutama mata kita. Tetapi Sobat harus tau juga, Tidak hanya Mata Saja yang terkena dampak kesehatannya, nah lho... mari kita bahas satu persatu.


#Gangguan Mata


Nah ini nih yang paling sering dikeluhkan para pengguna komputer, hampir sebagian besar orang di dunia yang berurusan setiap harinya dengan komputer. Karena ketika kita berada di depan komputer , cenderung kita jarang mengedipkan mata, atau kita sering terfokus pada objek tertentu, sehingga Terkadang Mata Kita menjadi tegang dan cepat kering, jika hal itu berangsur secara rutin, maka bisa menurunkan tingkat penglihatan sobat.
Sebagai contohnya, orang yang sebelumnya tidak memakai kaca mata, harus memakai kaca mata lensa tebal setelah sekian lama melakukan aktifitas di depan komputer yang terlalu lama,

Ingat baha radiasi layar komputer itu sangat berperan bagi buruknya kesehatan mata, sehingga kita harus dapat mengatur diri kita sendiri untuk meminimalisir tingkat radiasi.


==============================
Nah untuk meminimalisir tingkat radiasi tersebut, RahmanCyber.net punya beberapa tips nih, simak ya : 


1. Silahkan Pstikan bahwa pencahayaan di Tempat Sobat sudah Layak


Bagi kalian yang bekerja dikantor atau di Dalam Rumah, jangan biasakan di tempat yang gelap, atau minim cahaya, Upayakan ada titik cahaya yang dapat mengurangi tingkat radiasi komputer. Karena itu akan sangat berbahaya, Cahaya radiasi pada komputer tidak dibiaskan dan secara langsung akan diterima oleh mata sobat secara penuh, sehingga Mata Sobat akan lebih cepat lelah dan jika sobat paksakan akan berdampak buruk bagi kesehatan mata sobat.
Maka usahakan ada cahaya lain yang dapat mengurangi tingkat radiasi pada layar komputer, semisal lampu, sobat bisa nyalakan tuh lampu utnuk menjadi pengurai radiasi layar, walau tidak sepenuhnya, tetapi setidaknya, radiasi yang dihasilkan bisa di minimalisir.

Lho kalau siang hari kok lampu dinyalakan? kan pemborosan???

Nah ini berarti sobat belum paham, tadi disebutkan, tidak harus lampu kan, kalau tempat komputer sobat dekat jendela, ya tinggal buka jendela, biarkan cahaya alami masuk, tetapi bila masih minim cahaya, gunakan lampu untuk menerangi sobat saat bekerja dengan komputer. Itu Aja.. Yang penting Pencahayaannya Layak.

Nb: Jangan meletakkan komputer menghadap jendela ya... karena kalau jendelanya dibuka, maka sobat bisa kena backlight cahaya... Usahakan di sampingnya atau posisi yang kinanya sobat enak.

2.Istirahatlah, Jangan Paksa Mata sobat untuk bekerja di depan layar komputer terlalu lama/


Ini adalah hal yang paling penting juga, Istirahatlah beberapa menit, entah itu agan beranjak dari komputer mencari udara segar, dan memalingkan mata sobat ke pemandangan luar, atau hanya sekedar ngopi ngopi, minim tek, di teras atau apalah, yang penting cobalah untuk memalingkan mata sobat dari layar komputer. Mungkin selang 2 jam atau  3 jam, agan bisa istirahatkan mata agan dengan tidur misalnya. Nah sehingga selain mata sobat fresh kembali, sobat juga dapat berkonsentrasi lebih baik, karena selain mata, tubuh juga butuh istirahat.

3. Jika kamu mempunyai rutinitas di depan komputer, usahakan Pagi hari jalan jalan melihat objek natural, misal daun daun pepohonan, atau sobat bisa pergi ke taman untuk melihat pepohonan hijau. 

Sehingga mata sobat bisa menjadi fresh dan lebih baik.

==================================================

#Sakit Pada Punggung


Nah masalah lainnya adalah gangguan pada punggun sobat, banyak pengguna komputer maniak yang terkena problem ini,Hal ini dikarenakan terlalu lama duduk diam pada posisi yang sama atau sampai menunduk ke arah monitor. Ingat Posisi Duduk yang buruk tersebut mempengaruhi kesehatan punggung kita, Nah sehingga kembali ke tips diatas Poin 2, Istirahatlah. Itu lagi lagi merupakan kunci bagi kesehatan sobat... :D


#Sakit leher


Nah walau bukan termasuk kategori emergency, tapi ini juga sangat berperan lho sobat untuk melengkapi bahaya di depan komputer terlalu lama, biasanya sakit leher ini disebabkan karena posisi duduk sobat, terjadi karena antara kepala dan layar tidak sejajar, sehingga sobat sering mendungkuk kebawah atau mendungkuk ke atas.
Solusinya ya, benerin cara setting meja komputer sobat, sesuaikan dengan posisi sobat duduknya, agar dapat mengurangi resiko sakit leher. Dan lagi lagi tips pamungkasnya adalah, istirahat.... istirahat dan istirahat... :D

#Sakit Kepala


Biasanya ini terjadi karena kombinasi antara sakit mata dan sakit leher, Karena pada mata ketika keterusan di depan komputer akan meneruskan cahaya yang di teruskan ke otak untuk di proses bukan, jika hal itu terjadi secara terus menerus tanpa istirahat, maka yang terjadi jika posisi duduk sobat juga salah, leher terlalu mendungkuk ke bawah atau ke atas untuk melihat layar, maka itu merupakan kombinasi yang cukup hebat untuk membuat kepala sobat terasa sakit.

Nah maka, kuncinya adalah ..... Istirahatlah...



#Berat Badan Naik... atauuuuu Obesitas.


Kalau yang ini sih biasanya berlaku hanya bagi orang yang dia itu maniak komputer seperti gamers yang selalu ada cemilan di dekatnya.... sehingga memudahkannya untuk makan tiap kali menang game... hahaha







Nah itu merupakan beberapa Masalah yang disebabkan akibat terlalu lama di depan komputer... alias juga di depan layar komputer yang kita rangkum menjadi satu pembahasan.


Moga manfaat...
Salam




Info Sehat
http://www.rahmancyber.net
dipublikasikan oleh redaksi Rahman Cyber Network
Facebook : rahmancyber




Advertisement
RahmanCyber Network merupakan sumber beragam informasi seputar Tips dan Trik, berbagai Info Terkini, dan Pengetahuan lainnya | Selamat datang di http://rahmancyber.net | Semoga yang kita sajikan pada situs ini bisa bermanfaat bagi para pembaca... ini channel youtube kita https://www.youtube.com/channel/UCR-cTDMxvNGfojd-1J3Rz2A? Jangan lupa... like and subscribenya ya.. hehe


Sponsor Rahmancyber Network





Post a Comment

Berilah Komentar di sini, Harap Jangan Nyepam ya...

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only