12/27/2012

12 Pilihan Cara mengurangi Stress pada Diri sendiri secara Mandiri



Tips mengatasi stress di Dunia Kerja dan Masyarakat


Setiap orang didunia ini pasti pernah bertemu yang namanya STRESS. Stress disini itu bukan berarti gila, tetapi pikirannya sangat tidak karuan. Entah itu karena Masalah Pekerjaan, Masalah Percintaan, Masalah Lingkungan, Interaksi Sosial, Berhadapan dengan Orang orang yang menyebalkan atau bahkan Stress karena Bully-an.


Cara Mengatasi maupun mengurangi Stress. Stress merupakan keadaan di mana kita merasa sangat penat, terbebani, dan perasaan yang tidak karuhan. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa pun bisa mengalami stress, hanya saja pada anak-anak mungkin tidak sesering orang dewasa yang biasanya sering mengalami stress karena pusing terlalu banyak pekerjaan.


Cara alami menghilangkan stress



1. Tidur



Aktivitas ini bisa dibilang efektif. Mendapatkan tidur nyenyak yang cukup memiliki dampak besar pada tingkat stres Anda. Fungsi kekebalan dan ketahanan terhadap penyakit pun bangkit.

Tidur tidak hanya mengurangi tingkat pemulihan Anda. 

Tapi ingat, ini bisya juga meningkatkan tingkat stres dalam tubuh Anda jika kadarnya berlebih. Jadi, jangan kesiangan karena ini akan membuat Anda bertambah lesu.


Tetapi perlu diingat, untuk Menghilangkan Stress itu ada banyak sekali caranya.. dan tiap orang kemungkinan berbeda beda dalam menanggulangi Stress, baca Tips lainnya untuk Mengatasi stress pada diri sendiri.




2. Cobalah Berpikir Positif



Optimisme dapat menangkal dampak negatif stres, ketegangan dan kecemasan telah di sistem kekebalan tubuh Anda dan kesejahteraan. Sangat penting untuk mengelilingi diri dengan orang-orang positif. Getaran negatif dari teman-teman dan rekan kerja dapat menyebar, sehingga sulit bagi Anda untuk bersantai. Lihatlah situasi tertentu berbeda. Mungkin cara Anda mencari mungkin menyebabkan tekanan yang banyak.




3. Olahraga



Latihan akan merevitalisasi tubuh dan pikiran Anda dan Anda akan siap untuk menghadapi apa pun. Olahraga teratur dan aktivitas fisik tidak hanya memperkuat sistem kekebalan tubuh, sistem kardiovaskular, jantung, otot dan tulang, tetapi juga membantu dalam manajemen stres dengan menyediakan gangguan dari situasi stres dan meningkatkan endorfin (merasa-baik tubuh kimia).
Penelitian menunjukkan bahwa 20 menit setiap hari adalah semua yang diperlukan untuk pengalaman manfaat. Jadi mendapatkan beberapa memompa darah dan melepaskan beberapa endorfin.





4. Meditasi



Meditasi sangat bagus tidak hanya untuk menghilangkan stres, tetapi juga untuk relaksasi otot. Penelitian telah menunjukkan bahwa meditasi dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah.
Cobalah mulai sekarang renungkan untuk memanggil energi positif. Caranya mudah, cukup hanya mengambil nafas panjang dan mengosongkan pikiran Anda. Lakukan meditasi10 menit saja dan reguk manfaatnya.





5. Tertawa



Tawa luka stres dan mempromosikan relaksasi. Itu, pada gilirannya, membantu sel-sel kekebalan tubuh berfungsi lebih baik. Temukan humor dalam hal-hal dan terlibat dalam aktivitas yang membuat Anda tertawa untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan ketahanan terhadap penyakit.

Bagaimana Agar bisa tertawa... hehe

Sebenarnya dengan Nonton komedi di Youtube aja udah bisa membuat tertawa... tetapi cara yang lebih ampuh adalah melibatkan energi lain, yaitu teman teman anda.. kalian bisa berkumpul dan saling memandang wajah... wkwkwk, siapa tau bisa tertawa.




6. Dengarkan Musik



Apakah kamu terjebak dalam kemacetan lalu lintas atau bersiap untuk hari yang berat di tempat kerja, mendengarkan musik favorit kau merupakan metode yang bagus untuk mengurangi stres dan menghilangkan kecemasan.

Musik yang menenangkan dapat memiliki efek relaksasi pada gelisah, tegang pikiran. Hal ini juga dapat menurunkan tekanan darah, memperlambat pernapasan dan detak jantung. Cari tahu apa jenis musik yang bisa membantu Kalean bekerja yang terbaik dan kemudian membuat koleksi musik untuk membantu Anda rileks dan merasa baik.

Musik BGM atau Background Musik untuk Relaksasi mungkin bisa menjadi pilihan alternatif.

Nuansa nuansa Calm dan Slow, Soft, gitu deh....




7. Pandai-pandailah bersyukur



Bersyukur merupakan cara yang paling ampuh dalam mengatasi stress, bagaimana tidak. karena pada umumnya orang mengalami stress karena tidak kuat dengan apa yang telah terjadi atau keadaan yang menimpanya. 


Dengan bersyukur kita akan senantiasa ingat bahwa segala sesuatu yang kita peroleh merupakan pemberian dari ALLAH SWT dan seyogyanya kita terima dan kita kerjakan dengan rasa ikhlas.






8. Libatkan indera Kalian



Aroma wewangian tertentu dapat memiliki efek relaksasi yang menenangkan pada pikiran. Anda dapat mencoba menempatkan lilin lavender, lemon atau chamomile beraroma di sekitar rumah atau kantor Anda. Anda juga dapat menggunakan salah satu dari aroma di kamar mandi Anda.


Atau hal yang paling alami adalah.. keluarlah.. ke tempat yang Indah, Wonderful dan Menakjubkan! untuk Indera Mata, ini akan sangat membantu anda, kamu, ente, loe, kalian. 

Lihat ke tempat lebih luas.. 


"Tuh lihat.. kamu bisa memandang Pemandangan yang Luas Bukan? Menakjubkan? " ya ... Apalagi jika disekelilingmu Bunga Bunga nan Harum alami... dengan Kesegaran yang membuat Pikiranmu menjadi Plong!!



Bang ini Tuntutan Pekerjaan "Harus Selesai" - Biasanya dengan Pikiran sudah Jernih... akan ada ENERGI Positif yang bersinggungan dengan senyawa ATOM yang berada di tubuh kalean...

Sehingga kalian menjadi lebih "OH IYA! ternyata gini toh.." ya seperti itulah, anda bakalan kaget dengan kemampuan tiba tiba yang anda dapatkan ketika kau dapat Pikiran Positif dan Freessssshh.. ketimbang...

Stress, Dipikirrr mulu.. jadinya Gelap kan, malah salah salah mulu... haha, Ketik delete ketik delete ketik delete... Puyeng.




9. Pijat



Kamu bisa Pijat seluruh tubuh untuk membantu melepaskan ketegangan dan rasa sakit dari stres otot tegang. Jika Anda tidak pernah mengalami pijat, Ente akan kehilangan salah satu hal paling indah dalam hidup.
 




10.Minum teh hijau



Teh hijau mengandung asam amino, Theanine, yang membantu dalam produksi dan pelepasan bahan kimia yang disebut Dopamin. Kedua Dopamin dan Theanine merangsang perasaan kesejahteraan di dalam tubuh. Namun, kafein dapat memperburuk respon stres, jadi hindari minuman berkafein.





11.Taatlah Beribadah



Dengan teratur dan taat dalam beribadah kepada Allah ( Sang Pencipta Alam Semesta dan Makhluk makhluk di dalamnya ), maka kitapun juga akan mendapatkan ketenangan, InsyaAllah.





12.Mendengarkan Lantunan Ayat Al Qur'an beserta Terjemahannya



Bagi seorang muslim, ini merupakan pilihan yang tepat, kamu bisa memilih Surah mana untuk didengarkan. Sekarang ini juga ada kok Murottal dengan Terjemahannya. Sehingga disamping kita relaksasi, kita juga bisa lebih dalam memahami Isi dan Makna Ayat Suci Al Qur'an, dimanapun kalian berada.

Di Blog ini, saya pernah membagikan Murottal 30 Juz, tetapi tanpa terjemahan di Belajar Agama Islam

Kamu bisa membawa mushaf untuk sambil membaca artinya.


atau bisa menggunakan penyedia Al Qur'an Online, jadi disitu kamu bisa membaca Al Qur'an secara Online dimanapun.


Kalo kamu udah punya lantunan Al Qur'an dengan Terjemahannya itu jauh lebih baik.. karena kamu bisa lebih fokus mendengarkan... Bukankah mendengarkan itu baik?


Oh iya.. kamu bisa cari juga di Youtube.













Semoga Bermanfaat










Diberdayakan oleh
Rahmancyber
Tips Sehat




Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu di https://www.rahmancyber.net Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link https://www.youtube.com/rahmancyber
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Baca Juga

Posting Komentar

Follow by Email



Semenjak saya F.N.A-RED mendirikan RahmanCyber ini tahun 2008, saya mendedikasikan situs ini untuk memberikan edukasi dan artikel pengetahuan secara GRATIS, sobat tidak dibebankan Biaya langganan maupun Pembelian Hak Akses untuk dapat menikmati Artikel yang kami sediakan di RahmanCyber. Saya juga tidak berniat menjadikan RahmanCyber untuk model langganan dengan membayar Hak Akses. Semua Pemasukan untuk Mendukung Pemeliharaan Situs dari Iklan dan link affiliasi yang kami tanam di beberapa artikel ( Kami tidak menutupi hal ini, agar semua jelas tidak ada yang disembunyikan dan tidak manipulatif )
Ya, kita punya channel Youtube, tetapi fungsinya memang untuk mendukung penyampaian materi di Blog, sehingga memang untuk kontennya Campuran dan tidak berdasarkan Nice. Tekan aja gambar dibawah ini untuk melakukan subscribe ke channel kita
Image
Jika kalian tertarik untuk bergabung dalam jurnal perjalanan kita, silahkan...
Ada 2 tipe website yang ber ekstensi RahmanCyber.NET,

1. Website Bagian yang merupakan layanan kita untuk fokus materi tertentu maupun berupa produk terpisah yang berbeda untuk konsep dari Website Induk RahmanCyber.NET, tetapi selama ber ekstensi .rahmancyber.net, itu adalah Website Resmi dari kita. Informasi ini juga tercantum dalam Fanpage RAHMANCYBER di Facebook yang linknya tertaut di website utama ini, sehingga hal ini untuk meminimalisir adanya penipuan dari pihak yang tidak bertanggung jawab
2. Website Rekanan yang dikelola oleh Kontributor, sehingga kadang memiliki nama personal, yang bertujuan untuk menampilkan Iklan di web, sehingga dengan menggunakan ekstensi .rahmancyber.net, bisa ikut menampilkan iklan sebagai monetisasi untuk websitenya ( Bagaimana cara bergabung agar website saya bisa menampilkan iklan dan mendapat penghasilan? maaf, ini terbatas dan saya tidak membukanya untuk umum )

Disini kita berusaha untuk memberikan konten yang kredibel dan tidak semata mata untuk mengejar traffic dan penghasilan, ( RahmanCyber lebih condong ke "Pengetahuan" )

Whatsapp Button works on Mobile Device only