Contoh Laporan Prakerin Sekolah Menengah kejuruan (SMK)

smk negeri 11 semarang grafika
Laporan
Pelaksanaan Praktek Kerja Industri
BRAIN Multimedia Kebumen

Oleh :
1.     Putri Ken Nangasari                                  ( 3 Multimedia 1 )
2.     Uswatun Chasanah                                     ( 3 Multimedia 1 )
3.     Purwanto                                                    ( 3 Multimedia 3 )
4.     Fathkhurrahman Nur Azis S                      ( 3 Multimedia 3 )


SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 11 SEMARANG
TAHUN AJARAN 2010/2011


HALAMAN PENGESAHAN
Telah disahkan dan disetujui laporan praktek kerja industri  di Brain Multimedia pada :
Hari                 :
Tanggal            :

Yang mengesahkan :
Pembimbing Sekolah
           
                                   





M. Sholeh , S.Pd
Pembimbing Industri







Andy Kurniawan , A.Md


Kepala Sekolah



Drs . L. Joko Rakito , M.Pd
NIP. 19620211 198702 1 004



HALAMAN PERSEMBAHAN
 
Dengan tersusunnya laporan ini, penyusun wajib mengucapkan terima kasih kepada pembimbing selama penyusun melaksanakan Praktik Kerja Industri serta penulis laporan ini. Penyusun mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada :
JOKO R.
SELAKU KEPALA SEKOLAH
 
1.      Bpk. Hamrowi
Selaku Kepala Jurusan Multimedia SMK Negeri 11 Semarang
2.      Bpk. Agus Nugroho, S.Kom
Selaku pembimbing yang telah memberikan banyak masukan hingga terselesaikannya laporan ini.
3.      Andy Kurniawan
Selaku Pembimbing Lapangan yang telah memberikan bimbingannya dalam melaksanakan Praktek Kerja Industri di Brain Multimedia
4.      Kedua orangtua dan keluarga, yang telah banyak memberikan dorongan dan semangat
5.       Staf Humas SMK Negeri 11 Semarang
            Selaku panitia pelaksanaan praktek kerja industri sehingga kami dapat melaksanakan         program prakerin.
6.      Semua pihak – Instansi maupun lembaga lain.








KATA PENGANTAR

            Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa , karena atas rahmat dan karunia-Nya , kami dapat menyelesaikan Laporan Pelaksanaan Prakerin Multimedia tahun 2010 tanpa ada halangan suatu apapun .
            Dan tak lupa kami sampaikan terimakasih kepada Drs. L. Joko Rakito ,M.Pd selaku Kepala SMKN 11 Semarang , Pembimbing Sekolah dan Pembimbing Industri yang telah membimbing kami selama masa prakerin , serta pihak-pihak lain yang belum bisa kami sebutkan satu-persatu .
            Melalui laporan ini kami ingin membagi pengalaman kami selama melaksanakan Prakerin (Praktek Kerja Industri) di Brain Multimedia, selama kurang lebih 4 bulan yaitu dimulai tanggal 21 Juni – 28 Oktober 2010 .
            Kami mohon maaf bila sekiranya masih banyak kekurangan dalam penyusunan laporan ini . Kritik dan saran yang membangun dari Anda sangat kami harapkan . Semoga laporan ini dapat bermanfaat dan dapat memberikan gambaran yang cukup jelas tentang kegiatan semasa Prakerin .

            Semarang , Oktober 2010
Tim Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL.......................................................................................
HALAMAN PENGESAHAN........................................................................
HALAMAN PERSEMBAHAN.....................................................................
KATA PENGANTAR......................................................................................
DAFTAR ISI....................................................................................................
MOTTO............................................................................................................
BAB  I. PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang ……………………..……………………………
B.     Tujuan ……………………………………………………..……
C.     Manfaat ………………………………………………………....
BAB II  PROFIL PERUSAHAAN DAN PELAKSANAAN PRAKERIN
A.    Profil Perusahaan..........................................................................
B.      Sejarah Berdirinya Perusahaan.....................................................
C.      Mekanisme Pelaksanaan Prakerin.................................................
BAB III Uraian Kerja di Industri
BAB IV PENUTUP
A.    Simpulan.......................................................................................
B.      Saran.............................................................................................








                                                                        MOTTO
1.     Jangan katakan saya tidak BISA tapi katakan saya BISA
2.     Long Life education
3.     Practice Makes Perfect
4.     Jangan kerjakan besok, apabila bisa dikerjakan sekarang
5.     Pengalaman adalah guru yang paling baik
6.     Kamu tidak akan pernah tahu kalau tidak mencobanya

.
BAB I
PENDAHULUAN
 
 
1.1             LATAR BELAKANG
 
Sesuai dengan keputusan Mendikbud No. 0490/U/1993 tentang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) , dan Keputusan Mendikbud No. 080/U/1993 tentang kurikulum SMK , bahwa penyelenggaraan pendidikan di SMK dilaksanakan melalui dua jalur yaitu Pendidikan di Sekolah dan Pendidikan di Luar Sekolah , maka siswa diwajibkan melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin) sebagai pendukung dari Pendidikan Luar Sekolah .
Kurangnya pengalaman siswa SMK terhadap dunia luar yang berkaitan dengan kejuruannya , memyebabkan kualitas seorang siswa SMK menjadi menurun. Apalagi dengan tuntutan dunia teknologi yang semakin berkembang menyebabkan siswa SMK semakin tertinggal dari prinsipnya sebagai seorang yang dididik untuk itu. Maka dari permasalahan tersebut diadakannya PRAKERIN ( Praktek Kerja Industri ) yang ditujukan sebagai acuan bagi siswa untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan di industri. Disamping mengaplikasikan apa yang siswa dapat di sekolah . Waktu pelaksanaan Prakerin antara 4-6 bulan .
 
 
1.2             TUJUAN
 
Tujuan diwajibkannya siswa mengikuti kegiatan Prakerin yaitu untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas lulusan SMK, dan meningkatkan relevansi pendidikan dengan dunia usaha / dunia industri (DU/DI) . Penyelenggaraan Praktik Kerja Industri pada SMK juga bertujuan untuk:
  1. Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan,
  2. Memperkokoh jaringan antara SMK dan dunia kerja,
  3.  Meningkatkan efektifitas dan efesiensi  proses pendidikan dan  pelatihan kerja berkualitas,
  4. Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan


1.3             MANFAAT
Fungsi/manfaat dari Prakerin yaitu :
1.      Membentuk pola pikir yang konstruktif bagi siswa
2.      Mengimplementasikan kompetensi yang selama ini dipelajari disekolah
3.      Menyelaraskan perkembangan Iptek di industri dengan sekolah
4.      Menjalin kerjasama yang baik antar sekolah dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI)
5.      Sebagai sarana Public Relationship SMKN 11 Semarang kepada Dunia Usaha / dunia Industri (DU/DI)
6.      Melatih siswa untuk berkomunikasi/berinteraksi secara profesional di dunia kerja yang sebenarnya
7.      Membentuk etos kerja yang baik bagi siswa










BAB II 
 
PROFIL   SEJARAH PERUSAHAAN
 
A.  Profil Perusahaan
 
Brain Multimedia sendiri terletak di  Jl.Tentara Pelajar No 23, KEBUMEN . Telepon : 081802811122  ; . Email : brainmultimedia@gmail.com
 
“BRAIN MULTIMEDIA” adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang multimedia, seperti editing video,transfer video atau file lainnya, penjualan aksesoris multimedia, serta pengambilan gambar. BRAIN MULTIMEDIA didirikan untuk membantu melayani masyarakat dalam bidang teknologi multimedia. Karena di era globalisasi seperti sekarang ini perkembangan multimedia semakin hari semakin maju. Sehingga perusahaan di bidang multimedia saat ini perlahan-lahan banyak bermunculan di negeri ini. BRAIN MULTIMEDIA menghasilkan beberapa produk seperti  Video Dokumentasi, Profil Daerah, Live Event dll.
 
Di UD Brain Multimedia sendiri terdapat beberapa karywan yang difungsikan sebagai kameramen pada saat pengambilan gambar. Dan juga beberapa relasi. Relasi  Brain Multimedia antara lain:
-          Permai Photo
-          Adhitya Digital Vision
-          GARA-SI
-          RATIH TV
-          Pemda Kebumen
-          Arista Shooting
-          Primalaksana Tour and Travel
-          Sumber Baru Motor Kebumen



                Sasaran Objek
 
1.       OJT ( On The Job Training ) / Prakerin (Praktek Kerja Industri ) merupakan salah satu rangkaian pendidikan sistem ganda yang diterapkan di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan ) yang bertujuan untuk mengetahui sejauhmana kemampuan siswa dalam menerapkan materi yang diperoleh dan untuk mengenalkan siswa dengan dunia kerja.
2.       DU Brain Multimedia merupakan suatu usaha dalam bidang jasa penyutingan yang melayani bermacam-macam peranan dalam bidang Multimedia.



B.  Sejarah Berdirinya
 
Pada mulanya pemilik Brain multimedia ( Andy Kurniawan ) adalah salah satu editor di TV Borobudur. Tapi karena keinginannya membentuk sebuah home industri yang bergerak dibidang multimedia. Akhirnya, beliau mendirikan Brain Multimedia.
                BRAIN DIGITAL  Multimedia merupakan usaha dalam bidang jasa yang  melayani bermacam-macam peranan mltimedia.  Brain Multimedia didirikan pada tanggal 8 Agustus 2000. Brain itu sendiri dalam bahasa Inggris  berarti “otak”. Oleh karena itu Brain diambil sebagai salah satu nama house editing sebab, dalam dunia Multimedia lebih banyak bekerja  menggunakan pikiran daripada tenaga. Adanya software house editing dan keinginan untuk mengembangkan bakat maka didirikanlah Brain Digital Multimedia. Pada saat itu usaha ini masih sangat sederhana, yaitu melayani peminjaman CD-CD program dan editing video. Editing masih dilakukan dengan alat-alat yang sederhana. Belum seperti sekarang ini dan kadang masih harus ke jogja untuk mentransfer  video. Awalnya usaha ini didirikan di Jalan Pahlawan dan kemudian pindah ke Semarang dan akhirnya didirikan di Kebumen pada tanggal 8 Agustus 2005 yang beralamat di Jalan Tentara Pelajar No.23 (depan Islamic Centre ) Kebumen dan diberi nama Brain Digital Multimedia. Di Kebumen Brain Digital Multimedia berkembang pesat, dan cukup dikenal di beberapa daerah luar Kebumen. Brain Digital Multimedia melayani produksi –produksi yang berkaitan dengan multimedia audio video . Seperti: Dokumen-dokumen pribadi, pembuatan iklan, transfer video, editing video,penyutingan, cetak foto digital dll. Selain kegiatan tersebut Brain Digital Multimedia berelasi dengan Ratih TV Kebumen dan telah memproduksi beberapa materi On Air Ratih TV.

C.  MEKANISME PELAKSANAAN PRAKERIN
 
1       Persiapan
 
Sebelum penulis melaksanakan PRAKERIN penulis memilih tempat untuk melaksanakan kegiatan PRAKERIN tersebut, dan sebelum pemberangkatan juga dibekali ilmu dan pengetahuan (gambaran saat pelaksanaan PRAKERIN) serta pengarahan untuk mempersiapkan mental pada saat mulai terjun ke lapangan.
 
2       Tempat dan Pelakasanaan
 
Pelaksanaan Prakerin dimulai pada tanggal 21 Juni 2010 dan berlangsung selama  kurang lebih 4bulan, dan berakhir pada tanggal 31 Oktober 2010
Jadwal Hari Kerja Di Brain Multimedia, Kebumen
1.3.1        Senin-Sabtu pagi mulai pukul 08.00-12.00
1.3.2        Senin-Sabtu siang mulai pukul 13.00-17.00
1.3.3        PERATURAN ND SIFT
PKE PAKAIAN SEPANTASNYA.
DATANG TEPAT WAKTU
BERTANGGUNG JAWAB.

3       Hasil-hasil yang diperoleh
 
Hasil yang diperoleh Penulis saat melaksanakan kegiatan PRAKERIN di rain Multimedia Kebumen adalah
b.      Mendapatkan ilmu yang lebih dalam mengenai Cara mengedit video
c.       Mengetahui cara pembuatan cover untuk cd dalam maupun luar
d.      Mengetahui bagaimana cara pembuatan trailler untuk film









BAB Iii
URAIAN KERJA INDUSTRI
 
 
SHOOTING
CAPTURING
EDITING
RENDERING
PACKING
 
4.1          Video Production “senam bangsaku” dinas dikpora kebumen
4.1.1      Shooting video Senam
4.1.1.1   Alat-alat yang digunakan untuk shooting video senam antara lain :
1.Kamera md
2.Tripod panjang sekitar >150 cm
3.Mini DV 
 
 
4.1.1.2   Proses kerja shooting 
 
                Hal yang pertama kali dilakukan yaitu persiapan/setting ,koordinasi dengan peserta senam  dan persiapan penyadangan untuk hal-hal yang tidak dikehendaki ,seperti battery habis ,mini DV tidak record dan lain sebagainya  ,tentunya agar proses shooting berjalan dengan baik . Untuk gambaran /skematika shooting  sebagai berikut :
 
 
 
 






                  
Peserta senam
Tempat peserta senam
Tempat kamera yang disangga dengan tripod
Apitan 2 anak panah merupakan arah focus dan jangkauan pandang kamera

Jalan kerjanya yaitu koordinasi pada pemimpin senam untuk menata anggotanya dan setelah siap peserta senamnya,koordinasi dengan bagian sound ,ketika siap member iaba-aba dan ketika telah siap record pun dimulai ,setelah selesai hasil shooting diperlihatkan kepada peserta untuk mendapatkan perbandingan video mana yang bagus dan layak ditampilkan. Setelah selesai baru kemudian packing alat ,dengan mengecek peralatan yan dibawa agar tidak ada yang tertinggal (hal ini dilakukan disetiap shooting)
Recording dilakukan selama 2 kali untuk dapat di pilih record mana yang baik .
Untuk recording senam dilakukan di 2 tempat dan menggunakan hari yang berbeda ,untuk tempat pertama dilakukan di depan kantor dinas pendidikan ,dan tempat kedua dilakukan di halaman alun-alun kebumen ,tetapi untuk proses shooting sama seperti yang telah dijelaskan diatas. Penyotingan dilakukan 2 tempat untuk konsep pembuatan video dengan selingan angle /sudut pandang yang berbeda –beda (jadi 2 video dijadikan dalam 1 video senam ) dan berbeda tiap 1 gerakan ,misalnya pada gerakan satu ditampilkan 2 angle yang berbeda ,begitupun pada gerakan –gerakan selanjutnya .
 
4.1.2      Proses Capturing hasil shooting
 
                Proses ini merupakan proses dimana hasil shooting yang tersimpan dalam mini DV dicapture /dipindahkan pada media editing(adobe premiere) di computer . Untuk hal yang pertama mini DV di rewind menggunakan alat rewind  mini DV yang difungsikan agar tidak terlalu melibatkan dalam pemutaran ulang  mini DV,dan untuk menjaga  agar kamera kamera tidak mudah rusak .
Setelah di rewind barulah mini DV dimasukkan dalam hanycam untuk capturing,dipastikan untuk hanycam telah terhubung dengan computer menggunakan kabel fireware yang ter slok ke slot fireware di computer .
 
Setelah itu pada software editing video adobe premiere di beri perintah capture yang caranya sebagai berikut:
File – capture –klik play dan record dengat tan da bulatan merah(bila transfer data video dari handycam ke computer telah terkoneksi dengan benar bila belum bulatan record masih berwarna abu-abu )
Tunggu sampai selesai (perhatian untuk lama normal recording dengan mini dv >50 menit ,apabila pada proses recording masih di bawah itu dan padahal saat shooting memakai space mini dv full berarti pada transfer data ada error dan dilanjutkan lagi dengan klik play dan tekan record)
Setelah selesai hasil record otomatis berada pada tab video adobe premiere ,untuk selanjutnya dip roses pada proses editing.
 

4.1.3      Proses Editing  
 
                Untuk proses editing video pertama kali yaitu cek dan cut video ,dimana hasil video di cek apakah ada yang cacat atau tidak, sembari memotong tiap transisi video /perpindahan sesi pada video,karena konsep yang akan dibuat yaitu video selang seling,maka untuk cutting video dilakukan pada tiap gerakan yang berbeda .
 
Setelah cek dan cutting video barulah tahap selanjutnya Penempatan  video tersebut  termasuk audionya. Sampai tahap akhir yaitu proses rendering  dengan format mpeg  dengan menggunakan canopus. Tunggu sampai proses render selesai,setelah itu di cek videonya apabila masih kurang sesuai video di edit kembali. apabila telah sesuai ,video  di burning menggunakan nero dengan format vcd.

4.1.4      Burning cd dengan nero 
 
                Proses burning diawali dengan memilih format video yang diinginkan ,untuk ini menggunakan format vcd. Pada bagian interface file burning,masukkan video yang mau di burning dengan pengaturan seperti gambar berikut :
 
Klik icon nero sampai muncul interface seperti ini
 
Lalu plih format video cd sampai muncul interface file burning  ,dan atur seperti ini
Lalu klik next ,pada bagian selajutnya atur seperti ini
Keterangan pada bagian writing speed pilih 16x1800kb,dan number of copy sesuaikan pada jumlah cd yang mau di burning,lalu klik next . Tunggu dan masukkan cd blank ke dalam cd rom.



4.1.5 Proses Pembuatan cover 
 
Cover pada dasarnya digunakan untuk memperindah kepingan cd .Hal yang pertama dilakukan untuk pembuatan  yaitu buat screenshot/export frame ( image bagian video)dan di save dalam format .jpg
Caranya : arahkan pada bagian frame yang mau di export .setelah itu klik ctrl+shift+M pada keyboard (shortcut) atau klik file - export file  - frame .
 
Setelah itu proses pembuatan cover luar dan dalam menggunakan adobe photoshop.
Dengan pengaturan width dan height sesuai standart casing cd yaitu 260 x 180 mm
Seperti gambar berikut:
 
 
Lalu pada interface adobe photoshop yang muncul klik seperti berikut :
Masukkan image yang telah di export dari adobe premiere tadi untuk dibuat menjadi cover dalam pengaturannya  seperti berikut :
Buat lingkaran(sebagai acuan cover dalam) seperti gambar diatas dan letakkan lingkaran tersebut ke center /tepat ditengah-tengah dengan cara seleksei semua dengan menekan ctrl+A ,klik move tool dan plih align vertical center lalu pilih juga align horizontal center . yang hasilnya sebagai berikut :
Keterangan : align vertical center dan align horizontal center berada pada jajaran auto select seperti gambar diatas.
Selanjutnya desain cover dalam ter sebut dengan acuan informasi /hal-hal yang harus ada dalam cover  ,yang hasil akhirnya  seperti  ini :
Lalu disave dengan format .jpg ,tapi perlu di ingat layer  lingkaran harus dinonaktifkan  pada tab layer  .
Selanjutnya yaitu membuat cover luarnya .

Buat sebuah persegi panjang sebagai acuan cover luar atur tepat ditengah-tengah yang caranya sama dengan pembuatan center lingkaran tadi  ,pengaturannya sebagai berikut:
Lalu Atur object –object tadi menjadi sebagai berikut:
Setelah itu save dengan format .jpg dengan sebelumnya layer persegi panjang di nonaktifkan . simpan dalam satu folder dengan video jadi tadi .
Setelah cover dalam dan cover luar jadi baru ke tahap selanjutnya yaitu printing .

4.1.6      Proses printing cover
Sebelum cover di cetak sebelumnya masing –masing di atur layoutnya dengan acuan cover luar menggunakan acdsee photo slate dan cover dalam menggunakan nero cover designer

Tata layout cover dalam
                Tata layout menggunakan software Nero cover designer ,caranya klik nero dan pilih cover designer ,sehingga muncul halaman penentuan jenis cover ,pilih cd standart. Setelah itu drag cover cd dalam ke dalam nero cover designer dan ubah ke settingan master (merupakan ukuran yang telah ditentukan/diatur dari perusahaan sesuai dengan label cd yang digunakan ,karena ukuran label cd berbeda-beda )seperti berikut :
Perhatian: untuk drag langsung hanya dapat dilakukan pada nero 7 keatas ,untuk project ini memakai nero 9.dan sebelum cetak harus diatur dulu pada bagian paper stock,contohnya sebagai berikut:

Setelah itu di cetak /di print dengan penyetingan terlebih dahulu . seperti pada settingan kertas dipilih A4 yang merupakan default label cd dan jenis kertas sesuai yang digunakan misal plan paper .dan jumlah cover yang akan  di cetak dan pengaturan akhir yang sebelum cetak sebagai berikut:
Lalu klik ok ,dengan sebelumnya dipastikan label cd  telah  terpasang pada printer .atur tepat pada pojok kanan printer seperti berikut :



 






Tata layout cover luar
Tata layout menggunakan acdsee fotoslate 4 yang merupakan software yang diperhitungkan untuk tata layout.
Klik acdsee foto slate 4 yang iconnya sebagai berikut:
 
 
 
 
 
Lalu klik 2 kali ,klik new dan letakkan cover luar pada tab paling kiri acdsee ,pada bagian halaman edit design cover  dan atur dimension dengan klik kanan pada page pilih set dimension atur height 180 dan weight 260 mm ,setelah itu klik accept yang di tandai dengan icon centang .
Lalu drag file cover luar yang ada di tab kiri ke dalam page – klik kanan pilih clock counterwise  ,atur kejelasan  cover dengan klik kanan – image editor ,atur level ,brightness dan contrass (brightness di naikkan bila settingan plan paper dan level di auto bila settingan matte .setelah itu  klik centang
Kemudian tahap akhir yaitu print,atur settingan printer sesuai kertas dan berapa banyak cover yang akan di print .

4.1.7      Finishing
                Tahap finishing merupakan tahap perapian cover dengan memotong  pada bagian kosong dan menyisakan bagian sesuai  cover luar,dengan menggunakan cutting paper  .setelah itu letakkan cover luar pada casing  dan cover dalam ditempelkan pada cd .
Kemudian pada bagian akhir masukkan CD ke dalam casing.




BAB IV
PENUTUP
 
 
4.1 KESIMPULAN
       
Setelah menyelesaikan Laporan Praktek Kerja Industri ini, dapat beberapa kesimpulan, diantaranya yaitu:
 
1.      Praktek Kerja Industri sangatlah berperan penting dalam proses pembelajaran di tingkat SMK, karena dapat mengetahui berapa jauh kemampuan siswa dalam menerapkan ilmu yang telah diperoleh di sekolah ke dunia industri.
2.      Untuk melakukan sebuah editing diperlukan spesifikasi
Komputer dengan processor core 2 duo 2,9 GHZ ,Ram 1GB,Hardisk 500 Gb ,DVD RW.
-Rewinder Mini DV
-Handycam



4.2 SARAN
          Sebaiknya prakerin tahun depan lebih detil lagi, karena masih banyak siswa yang ditempatkan di perusahaan  yg tidak sesuai dengan bidang keahliannya. Serta siswa yang sedang prakerin sebaiknya tetap diberi materi pelajaran agar siswa tidak merasa terbebani apabila masuk sekolah untuk mengejar materi yang ketinggalan.



Untuk download via pdf  disini




3 Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

  1. wah thanks bgt dah, ngebantu bgt, kebetulan saya jg lg bikin laporan prakerin, utung ada postingan ini, jd bisa copas dikit hahahaha

    BalasHapus
  2. mantaap thanks :D
    sarannya setuju bangettt

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال