Cara Install ChromeOS Flex di MicroSD / Flashdisk yang bisa di Upgrade

RahmanCyber ChromeOSFlex - Beberapa minggu yang lalu ketika masih di bulan ramadhan yang berada di tahun 2024, kita mengadakan eksperiment untuk melakukan instalasi operating system / sistem operasi kedalam media penyimpanan non-volatile portabel seperti microsd card, flashdisk yang notabene secara normal tidak dapat diisi sistem operasi atau sistem operasi komputer tidak dapat di install di media tersebut, tetapi kali ini kita mencoba untuk melampaui batasan tersebut.

{getToc} $title={Table of Contents}


Ilustrasi ChromeOS Flex on MicroSD
Ilustrasi ChromeOS Flex on MicroSD


Latar Belakang Eksperimen

Dulu kita pernah ngebahas tentang chromeos flex di beberapa tahun lalu, dan kita sempat berpikiran untuk menginstall chromeos flex yang cukup ringan ini ke dalam sebuah flashdisk, tetapi waktu itu gagal karena memang ada requirement khusus penginstalan.

Lalu, pas bulan puasa bagi umat muslim, kita terngiang kembali untuk masalah tersebut, akhirnya kita coba deh untuk membuat eksperiment dengan target untuk dapat menginstall sistem operasi chromeosflex yang kita anggap lebih sesuai untuk mendukung eksperiment ini mengingat kecepatan microsd itu jauh dari kecepatan SSD maupun harddisk.


ChromeOSFlex Updateable
ChromeOSFlex Updateable



Sebenarnya untuk pertama kali, kita pengen coba windows atau linux tapi sepertinya akan kurang cepat, karena resourcenya lebih berat.. sehingga disini pilihan pertama paling memungkinkan adalah chromeosflex, terutama hal ini sangat berguna bagi administrator terutama yang berkaitan dengan google dalam hal privasinya.

Sehingga jika ini berhasil, kita dapat menjalankan OS hanya dengan login menggunakan akun, lalu kita bisa bekerja dan bahkan menggunakan Diktasi bawaan chromeos.


Portabel adalah Target!

Yup! dengan eksperimen itu kita pengen bisa bekerja dimanapun dengan komputer komputer lain yang ada.. tanpa perlu risau harus instal ulang install ulang lagi.., walau sebenarnya kita juga bisa modal flashdisk atau microsd, ditancapkan ke pc, ntar orang tidak bisa akses file kita.. seperti ketika os linux bisa akses beragam file windows walau sudah di hidden jika tanpa encrypsi... :)

itu tujuan kalo berhasil...


Eksperimen Install ChromeOS Flex di MicroSD dimulai..

Tentu untuk menghubungkan microsd card ke komputer, kita butuh sebuah Adapter MicroSD ke USB ya, jadi kita nanti colokkan ke port USB seperti halnya ketika menggunakan flashdisk.

Sebenarnya kecepatan microsd sih tidak jauh beda dengan flashdisk, untuk yang ideal itu 100Mbps untuk read dan biasanya kecepatan writenya yang cukup lambat...

Beberapa microsd yang cepat itu lumayan mahas sih.., untuk Sandisk Extreme Pro hitam dengan kecepatan sampai 200Mbps aja bisa sampai 300an ribu... tapi kali ini kita pakai MicroSD bekas, yang kita pakai dulu di HP... ini kapasitas cuman 16GB bro.. jadi mepet banget, hanya aja kan disini kita hanya butuh chromeos flex utamanya aja, artinya tidak perlu install lingkungan linux nya... sehingga disini kita seperti pakai Browser saja, cuman ini PRIVAT, artinya ada privasi..


Beda dengan pinjem komputer, terus kita buka disitu, maka akan banyak sekali keterbatasan, apalagi dengan kita perlu berpkir agar aktifitas kita itu tidak tercatat history sistem operasi utama komputer...

hehe... belum lagi jika yang komputernya kita pinjam ini jago IT bisa bahaya juga sih.. walau sudah Incognito..

Jadi tekat sudah bulat, kita pakai 2 MicroSD, satunya untuk Bootable ChromeOS Flex, terus satunya lagi kita gunakan untuk tempat instalasi chromeosflex.


Video Dokumentasi Eksperiment Install ChromeOS Flex di MicroSD

Oke, agar kita tidak terlalu banyak ngetik di awal ini, maka kita sajikan saja dalam bentuk video ya bro...

Termasuk step by stepnya..! terlebih ini adalah project menantang, karena belum pernah ada yang mempublikasikannya sejauh aku telusur di youtube, sehingga ini bisa dikatakan Pertama!

Experiment kita coba install ChromeOS FLEX di MicroSD bekas.. :)

tonton saja step by step cara install dan kita setting langsung chromeos flex supaya bisa digunakan dengan baik.. 




berkaitan erat dengan pembahasan ini https://youtu.be/W0X39w7S2Co


*Sebenarnya Video ini mau aku split buat jadi beberapa part.. tapi mengingat pembahasan disini beragam.. jadi nanti kalo sempat kita buat chapter .. hehe


untuk pembahasan to the point, langsung aja subscribe https://youtube.com/@quesearch 




#chromeosflex #chrome #chromeos #komputer 





 

Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال