Menguji Daya Tahan Battery Laptop Asus X441MA Chrome OS Flex

 


 

Kemarin kita sudah ngebahas beberapa fakta yang saya temukan ketika melakukan instalasi chromeos flex dan menggunakannya di laptop asus x441ma https://youtu.be/If8jbjTq4X4

 

selain itu, kita juga sudah post di artikel tentang beberapa pengalaman saya memakai chromeos flex di laptop asus x441ma

 



kali ini kita mencoba daya tahan battery nya..

kebetulan juga, mumpung SSD yang saya pesankan belum dateng, jadi laptopnya masih bisa saya bawa, cuman kalo udah dateng SSDnya... waktu sewa habis.. wkwkwk



Laptop ASUS X441MA :
Processor Intel N4020
RAM 4GB
SSD 120GB
CHROME OS FLEX


Pada video ini, kita sebatas melakukan pekerjaan pekerjaan ringan. dan ini kita jalankan nonstop dari battery 100% sampai Laptopnya mati kehabisan battery.

Sehingga kita mendapatkan hasil yang diinginkan...

Disela sela ini, kita kita juga membahas sesuatu, dari steam, layer compatibility, flatpak, download aplikasi, dan lainnya... termasuk desain pake inkscape... :)





#chromeosflex #laptopasus 

 

 

Pentingnya Battery untuk Mobilitas


baterai merupakan salah satu komponen yang penting untuk perangkat elektronik yang digunakan secara mobile atau berpindah-pindah tempat.  dengan adanya baterai maka perangkat tersebut tidak perlu lagi untuk khawatir dengan ketersediaan colokan listrik. 

dan semakin tinggi kapasitas baterai maka akan semakin oke digunakan untuk mobilitas yang tinggi.

yang mempengaruhi baterai cepat habis ataupun tidak Ternyata tidak hanya dari faktor kualitas dari baterai yang digunakan maupun kapasitas yang dimilikinya tetapi juga sistem operasi berpengaruh.

tidak hanya itu aja tetapi penggunaan aplikasi terus berbagai macam fitur-fitur yang memacu kinerja prosesor maupun GPU dari perangkat komputer,  itu juga berpengaruh sekali.

 dalam sisi yang lain,  lama penggunaan perangkat juga berpengaruh,  semakin berangkat digunakan dalam jangka waktu yang lama maka tentu performanya akan menurun Seiring berjalannya waktu.

 maka tak jarang beberapa laptop yang tadinya tahan 10 jam 12 Jam tetapi ketika penggunaan sudah 1 tahun 2 tahun 3 tahun itu akan terasa seperti berbeda.

dan itu merupakan hal yang sangat wajar di dunia elektronik,  karena setiap perangkat elektronik itu dia memiliki masa,  semakin lama dan sering digunakan tentu performanya akan menurun.


Nah maka dari itu sebenarnya baterai yang portable itu akan lebih memudahkan pengguna sebenarnya untuk mengganti ketika baterai tersebut performa yang sudah mulai menurun,  entah itu di Smartphone maupun di laptop,  tetapi sangat jarang sekali vendor itu menjual perangkat atau komponen original nya langsung,  sehingga kadang yang ada di pasaran ya memang tidak original,  dan banyak juga barang yang yang sebenarnya tidak layak digunakan untuk perangkat dan bisa juga merusak perangkat yang kita miliki.

sehingga sebenarnya ketika vendor menyediakan penjualan komponen-komponen original yang bisa diperoleh oleh konsumen tentu untuk baterai yang portable yang bisa dicopot sendiri dan diganti oleh penggunanya sendiri tanpa harus ke service center,  itu akan sangat menghemat waktu,  ketimbang harus bolak-balik ke service center untuk mengganti baterai.

maka dari itu sekarang kebanyakan perangkat seperti smartphone terus laptop itu semuanya menggunakan baterai tanam,  dimana ketika performa baterai sudah mulai menurun dan apalagi baterai sudah tidak bisa digunakan dengan normal ya maka kita bisa membawanya ke service center untuk mengganti yang baru.

tetapi memang untuk baterai sendiri biasanya ya, jangka waktu performanya sudah menurun dititik itu sangat lama kadang baterai yang Sudah usang pun masih bisa digunakan dengan langsung dicas aja ke perangkat jadi berangkat langsung ngecas cuman hal itu tidak aman ketika digunakan sembari ngecas perangkat.



Cara untuk Menghemat Battery Laptop


sebenarnya hal ini berlaku untuk berbagai macam perangkat elektronik seperti smartphone laptop maupun yang menggunakan baterai lainnya,  cara untuk menghemat baterai adalah kita bisa menidurkan nya atau mematikan nya ketika kita tidak memakainya sehingga baterai tersebut tidak terbuang sia-sia untuk dayanya.

di dalam sistem operasi komputer biasanya terdapat fasilitas untuk melakukan  sleep ketika perangkat sedang berada di mode baterai pada saat tidak ada aktivitas apapun.

ini yang secara bawaan sudah ada di Chrome OS entah itu chromeos yang chromebook maupun Chrome OS Flex,  sehingga ketika pengguna tidak melakukan apapun maka perangkat akan secara otomatis dia ke mode sleep,  maka memang ketika kita memakai Chrome OS akan terasa baterainya awet.


Laptop digunakan untuk nge Game


untuk game sendiri disini kita tidak mencobanya Dalam uji coba daya tahan baterai laptop Asus x441ma di Chrome OS Flex, sehingga di sini kita hanya menjalankan aktivitas yang biasa saja seperti web browsing dan menjalankan terminal, download dan instalasi aplikasi.

tetapi yang jelas ketika laptop entah itu laptop dengan sistem operasi Windows terus Mac OS maupun Chrome OS,  ketika kita menggunakannya untuk ngegame tentu hal ini akan berpengaruh ke baterai,  jadi baterai akan lebih cepat berkurang atau habis. 

laptop yang biasa dipakai untuk game tiap hari dengan laptop yang biasa dipakai untuk aktivitas yang biasa-biasa saja,  keduanya akan sangat berbeda ketika kita bandingkan untuk daya tahan performa battery dari waktu ke waktu.

Tentu yang digunakan untuk ngegame, akan mengalami penurunan performa battery lebih cepat, ketimbang laptop yang tidak digunakan untuk ngegame.


Ya hanya aja, memang kepepetnya kalo battery udah mulai cepat drop, akibat sering digunakan untuk aktivitas berat seperti ngegame, apalagi dengan performa grafis tinggi terus menerus, maka laptop tetap masih bisa digunakan dong, dengan di colokkan ke daya listrik atau sambil nge charge..


Beresiko? ya tentu dong, apalagi jika laptop tersebut sebenarnya bukan laptop GAMING, yang memang sudah di desain untuk sirkulasi udaranya harus oke...

bisa cepat rusak tuh perangkat..


Jadi intinya, yang ingin saya sampaikan adalah... gunakan laptop sesuai proporsinya.. kalo memang bukan laptop gaming, ya..

boleh lah ngegame , cuman hanya selingan saja... dan tidak terlalu sering, apalagi menjalankan game rata kanan, atau game yang memiliki grafis tinggi..


don't do this... 



Berapa Lama Daya Tahan Battery Laptop Asus X441MA yang di Nyalakan Terus?


jawabannya ada di video yang saya sertakan di atas, jadi disitu kita sudah mencobanya dan tidak mematikan laptop Asus x441m hal tersebut ketika kita melakukan uji coba.

perlu diketahui bahwa laptop Asus x441m tersebut sudah digunakan hampir 1 tahun, dan penggunaan sehari-hari digunakan untuk melakukan desain menggunakan clip studio paint.

sehingga tentu performa baterai karena interaksi antara aplikasi dengan grafis itu tinggi,  Maka tentu performa baterai sudah berbeda dengan ketika kita membeli laptop baru.


tonton aja gaes... :)







Semoga Pembahasan kali ini ada manfaatnya.

Salam Tekno!












 



 

 

 

 

Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال