Alternatif Font Times New Roman untuk Penggunaan Komersial

Apakah Times New Roman merupakan font yang gratis? Tidak. Setiap font dilengkapi dengan lisensi. Dalam beberapa kasus, lisensi itu merilis font untuk penggunaan gratis. Tetapi intinya Times New Roman ini merupakan font dengan copyright, terutama untuk penggunaan Komersial.


{getToc} $title={Table of Contents}




Free Font Alternatif



Times New Roman Font Legendaris


Kita tau bahwa font times new roman ini merupakan font legendaris. Saya mengenal font ini sejak lama, masih duduk di bangku  SMP, tapi waktu itu hanya pas pembelajaran TIK aja disekolah, karena memang saya tidak mempunyai perangkat komputasi.


Semuanya serba terbatas teknologi, beda ama jaman sekarang ini... dan Font ini biasa digunakan untuk latihan mengetik dulu.. karena memang sudaah bawaan ms word...


Seiring berjalannya waktu, saya jadi tau bahwa font ini merupakan font yang biasa digunakan di dunia pendidikan, entah itu untuk membuat makalah dan beberapa karya tulis lainnya, bisa dilihat dari panduan yang diberikan, pasti ada Font Times New Roman, diketik dengan ukuran 12... hehe


Sampai ketika saya sudah bekerja sendiri dan bisa beli perangkat komputasi waktu itu, dan mencoba menekuni dunia desain, ternyata Font ini memang berlisensi / copyright. Sehingga untuk penggunaan komersial seharusnya memang perlu membayar royalti, terutama untuk iklan publik.



Sejarah Singkat Times New Roman



Times New Roman adalah jenis huruf serif. Itu ditugaskan oleh surat kabar Inggris The Times pada tahun 1931 dan disusun oleh Stanley Morison, penasihat artistik untuk cabang Inggris dari perusahaan peralatan percetakan Monotype, bekerja sama dengan Victor Lardent, seorang seniman huruf di departemen periklanan The Times. Times New Roman Ini telah menjadi salah satu tipografi paling populer sepanjang masa dan diinstal pada sebagian besar komputer desktop.


Diminta untuk memberi nasihat tentang desain ulang, Morison merekomendasikan agar The Times mengubah jenis huruf teks mereka dari wajah abad kesembilan belas yang kurus menjadi desain yang lebih kokoh dan kokoh, kembali ke tradisi pencetakan dari abad kedelapan belas dan sebelumnya. Ini cocok dengan tren umum dalam selera pencetakan pada masa itu. Morison mengusulkan jenis huruf Monotype yang lebih tua bernama Plantin sebagai dasar untuk desain, dan Times New Roman sebagian besar cocok dengan dimensi Plantin


Perubahan utama adalah bahwa kontras antara goresan ditingkatkan untuk memberikan gambar yang lebih tajam. Desain baru memulai debutnya di The Times pada 3 Oktober 1932. 


font



Setelah satu tahun, desain tersebut dirilis untuk penjualan komersial. Dalam nama Times New Roman, Roman mengacu pada gaya regular atau roman (kadang juga disebut Antiqua), bagian pertama dari keluarga Times New Roman yang akan dirancang. Jenis Romawi berakar pada pencetakan Italia pada akhir abad ke-15 dan awal abad ke-16, tetapi desain Times New Roman tidak memiliki hubungan dengan Roma atau Romawi.


The Times bertahan dengan Times New Roman selama 40 tahun, tetapi teknik produksi baru dan perubahan format dari broadsheet ke tabloid pada tahun 2004 telah menyebabkannya berganti jenis huruf lima kali dari tahun 1972 hingga 2007. Namun, semua font baru adalah varian dari aslinya. Jenis huruf Romawi baru. 


Sumber Referensi : https://en.wikipedia.org/wiki/Times_New_Roman



Font Alternative Times New Roman yang Bisa digunakan untuk Komersial


Disini kita tidak mengulik sejarah lebih detail ya, tetapi lebih ke membahas "ada nggak sih alternatif font Times New Roman ini" tetapi bisa digunakan untuk komersial.


Ini merupakan salah satu Pin buat kita juga ya, jadi sekaligus kita bagikan pengetahuan yang kita miliki.. supaya bermanfaat.. ea kan.. pengingat juga buat diri sendiri..



1. Linux Libertine Font




Linux Libertine adalah tipografi digital yang dibuat oleh Libertine Open Fonts Project, yang bertujuan untuk membuat alternatif bebas dan terbuka untuk tipografi eksklusif seperti Times New Roman. Ini dikembangkan dengan editor font gratis FontForge dan dilisensikan di bawah GNU General Public License dan SIL Open Font License 


Font ini merupakan favorit saya ketika harus engerjakan project desain komersial dengan target "formal"


Linux Libertine termasuk jenis huruf serif proporsional yang terinspirasi oleh jenis buku abad ke-19 dan dimaksudkan sebagai pengganti keluarga font Times.


Jenis huruf memiliki lima gaya: regular, bold, italic, bold italic, dan small capitals, semuanya tersedia dalam format TrueType dan OpenType, serta dalam kode sumber. Versi OpenType memungkinkan pemosisian dan penggantian otomatis, termasuk pecahan sejati, ligatur, dan kerning. 


Varian tipe tampilan, meskipun serupa dalam bentuk huruf, lebih ringan dan memiliki kemiripan yang lebih dekat dengan tipe gaya lama seperti Palatino.


Ada juga pelengkap wajah sans-serif humanis, Linux Biolinum, mirip dengan Optima atau Candara. Ini tersedia dalam gaya tebal dan miring. 



font linux libertine comercial use




Anda bisa Download Disini


Tag. Serif times new roman legible documents newspaper print publishing text display transitional




2. Cardiff Font


Ini merupakan Font yang Elegant menurut saya, dirilis tahun 1993.. dan berada di Public Domain font.


cardiff

Tag : Serif times new roman legible newspaper print headline short text


Download disini





3. Nimbus Roman Font


Nimbus Roman adalah jenis huruf serif yang dibuat oleh URW Studio pada tahun 1982.


Nimbus Roman



Nimbus Roman No. 9 L adalah jenis huruf serif yang dibuat oleh URW Studio pada tahun 1987, dan akhirnya dirilis di bawah GPL dan AFPL (sebagai font Tipe 1 untuk Ghostscript) pada tahun 1996 dan LPPL pada tahun 2009. Ini menampilkan Normal, Bold, Italic, dan Bold Bobot miring, dan merupakan salah satu dari beberapa font berlisensi bebas yang ditawarkan oleh URW++.



Meskipun karakternya tidak persis sama, Nimbus Roman No. 9 L memiliki metrik yang hampir identik dengan Times New Roman dan Times Roman. Ini adalah salah satu font Ghostscript, alternatif gratis untuk 35 font PostScript dasar (termasuk Times).


Ini adalah jenis huruf standar di banyak distribusi Linux. 


Download Disini



Tag : Serif times new roman legible magazine newspaper print text transitional



Itu merupakan beberapa 3 TOP font favorit saya untuk digunakan di desain komersial... :) sebenarnya ada banyak lagi yang komersial use free... dengan tema serif.. karena SERIF itu merupakan font yang tegas formal menurut saya, Ada kaki kaki lancip di ujungnya...


Cocok untuk klien di bidang Hukum, kita tau kan biasanya kalo acara formal itu harus memakai sepatu.. :)


hehe..


Coba kalo kamu Cekeran datang ke acara formal.. kira - kira bagaimana ya? :) Tetapi hal ini tidaklah mutlak ya sob.. artinya ini adalah sebuah sudut pandang.. 



Ini perbedaan Font SERIF dan NO SERIF

different serif and no serif


4. Buenard Font


buenard font



Font yang didesain oleh FontFuror ini bisa anda temui juga di Google Font. Buenard adalah jenis huruf serif berkualitas tinggi untuk buku seni. Ini didasarkan pada the Transitional Roman classical structure (struktur klasik Romawi Transisi), dengan goresan yang kurang kontras dan serif yang lebih berat.


Ini memiliki gaya kontemporernya sendiri, menggabungkan keanggunan, konsistensi, dan keterbacaan untuk semua ukuran teks, menjadikannya pilihan yang sangat baik saat memilih font serif.


Buenard awalnya dirancang untuk penerbit seni Argentina dan berkembang sebagai proyek akhir dalam Karir Pascasarjana dalam Tipografi di Universitas Buenos Aires. 


Font ini dilisensikan di bawah Open Font License - OFL (Free for Commercial Use)


Anda dapat menggunakannya secara bebas dalam produk & proyek Anda - cetak atau digital, komersial atau lainnya.


Ini bukan nasihat hukum, harap pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan pengacara dan lihat lisensi lengkap untuk semua detailnya 


Download Disini




5. Tribun ADF Std Font


Tribun ADF Font


Ini merupakan font yang dibuat oleh Arkandis Digital Foundry (ADF), Copyright © Arkandis Digital Foundry under the GNU General Public License V2 and later, with font exception.

Sebenarnya agak ragu sih cantumin ini font disini, karena ada GOLDEN WORD ... hehe..

Tapi gpp deh.. saya browsing ini di tempat download font sih..


Download Disini




Sekian gan..

Moga bermanfaat.. gak usah banyak banyak ya.. hehe, itu udah ane pilihkan, pilihan terbaik dari ane.. :) / Font Alternatif Times New Roman versi RahmanCyber.NET





F.N.A-RED



Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال