7/05/2021

Cara Mengatasi Akun Twitter yang ditangguhkan / Suspended Account

Selamat Datang di RahmanCyber.NET! Gudang pengetahuan seputar Informasi Teknologi. Pada kesempatan kali ini saya cukup bersyukur, karena diberikan bahan konten :) yang menantang untuk di selesaikan.

 

Hari ini, salah satu akun twitter saya di Suspend :) 


Apa itu Suspended Account Twitter?


Suspended Account Twitter artinya akun Twitter itu ditangguhkan atau tidak dapat digunakan sebagaimana - mestinya. Bisa juga dianggap sebagai sebuah pembatasan, karena telah atau masih dicurigai ada indikasi melanggar pedoman komunitas yang telah dicantumkan twitter


Bagaimana Kronologinya bisa kena Suspended Account?


Jadi ketika saya mau nge tweet, tiba tiba saja keluar pesan Your account is suspended and is not permitted to perform this action dan saya pun tidak bisa nge-Twiit.. ( Padahal biasanya aja jarang emang.. hehe )

 

Ini dia saya screenshot.


TIDAK BISA POSTING TWIT KARENA SUSPEND


Lalu, saya pun mengikuti Learn More, dimana kita dihadapkan pada halaman bantuan tentang akun yang di suspend https://help.twitter.com/en/managing-your-account/suspended-twitter-accounts


Disitu dijelaskan beberapa alasan, kenapa sih akun bisa di suspend, antara lain karena :


Untuk menjaga lingkungan yang aman bagi pengguna di Twitter, kami dapat menangguhkan akun yang melanggar Aturan Twitter. Alasan umum untuk penangguhan mungkin termasuk:

  • Spam: Sebagian besar akun yang kami tangguhkan ditangguhkan karena berisi spam, atau sekadar palsu, dan akun tersebut menimbulkan risiko keamanan bagi Twitter dan semua pengguna kami. Jenis akun ini bertentangan dengan Aturan Twitter kami. Sayangnya, terkadang akun orang sungguhan ditangguhkan karena kesalahan, dan dalam kasus tersebut kami akan bekerja sama dengan orang tersebut untuk memastikan akun tersebut tidak ditangguhkan.
  • Keamanan akun berisiko: Jika kami mencurigai sebuah akun telah diretas atau disusupi, kami dapat menangguhkannya hingga akun tersebut dapat diamankan dan dikembalikan ke pemilik akun untuk mengurangi aktivitas yang berpotensi berbahaya yang disebabkan oleh penyusupan tersebut.
  • Tweet atau perilaku yang melecehkan: Kami dapat menangguhkan akun jika telah dilaporkan kepada kami karena melanggar Aturan kami seputar penyalahgunaan. Saat sebuah akun terlibat dalam perilaku kasar, seperti mengirim ancaman kepada orang lain atau meniru identitas akun lain, kami dapat menangguhkannya untuk sementara atau, dalam beberapa kasus, secara permanen.




Tetapi, ternyata walaupun di Suspended / ditangguhkan, akun kita masih bisa digunakan untuk berselancar di twitter, tetapi tidak bisa reply, hanya ngliat ngliat twiit yang berserakan, entah melalui hashtag trending ataupun akun yang ingin kita tuju secara langsung.

 

Ini screenshot sebagai pembelajaran ya..

 

Twitter di Suspend tapi masih bisa digunakan untuk menjelajah

 

 


Artinya kasus yang terjadi pada akun saya itu hanya membatasi dari Posting.


Sehingga saya tidak bisa posting twiit.., kemungkinan memang suspend yang dikenakan di akun saya tersebut, tergolong suspend tingkat rendah.

Karena saya masih bisa masuk akun, bahkan saya gunakan untuk menjelajah, tetapi memang tidak bisa untuk posting atau sekedar replying..

 

Saya coba Masuk ke Beranda Profil Akun Twitter Saya, jeng jeng...

 

error beranda twitter

 


Analisa Kenapa Bisa disuspend

 

Saya pun coba berpikir dan berpikir, saya runtut satu persatu..

 

Oh, ternyata Akun saya itu belum saya :

  1. Lengkapi Profil
  2. Semua Kosong tapi Postingan Jalan terus ( karena saya pakai auto post dari blog saya ke twitter ) 
  3. Bio juga kosong
  4. Header belum dipasang
  5. Security 2 Factor pun juga tidak saya pasang, jadi cuman sebatas m verifikasi email saja, tanpa mencantumkan no hp juga.



Oke, saya berarti "kemungkinan" masuk dalam 


Keamanan akun berisiko: Jika kami mencurigai sebuah akun telah diretas atau disusupi, kami dapat menangguhkannya hingga akun tersebut dapat diamankan dan dikembalikan ke pemilik akun untuk mengurangi aktivitas yang berpotensi berbahaya yang disebabkan oleh penyusupan tersebut.

Kenapa? karena yang posting itu kan Third Party, atau pihak ketiga, bukan saya yang posting satu persatu ke twitter... dan saya juga dari pertama daftar belum posting Twitt sebagai manusia... hehehe



Selain saya mencoba posting diatas yang muncul notif gagal, saya juga mencoba menambahkan Security 2 Faktor, ternyata juga gagal.. Apalagi menambah No Hape, seperti yang disebutkan pada halaman bantuan twitter tentang akun twitter yang ditangguhkan.

 

 

 

Cara Pertama Gagal ya sob,


suspend twitter

Muncul lagi notifikasi Your account is suspended and is not permitted to perform this action


Lalu, ketika berhasil masuk ke Security untuk menambahkan Two Factor Authentication, kaluarlah penegasan seperti ini...


security

Yup, ketika saya masuk untuk menambah Two Factor Security, keluarlah penegasan it's look like your account is currently suspended. You can't turn on two-factor authentication while your account is suspended.

 

 

 

 


Bisakah saya membatalkan penangguhan akun saya?


Berikut ini beberapa poin yang dijelaskan pihak twitter untuk menyelesaikan permasalahan.



  1. Anda mungkin dapat membatalkan penangguhan akun Anda sendiri. Jika Anda masuk dan melihat perintah yang meminta Anda untuk memberikan nomor telepon atau mengonfirmasi alamat email Anda, ikuti petunjuk untuk membatalkan penangguhan akun Anda.

  2. Apakah Anda melihat pesan bahwa akun Anda terkunci? / Are you seeing a message that your account is locked? Akun Anda mungkin juga dinonaktifkan untuk sementara sebagai tanggapan atas laporan tentang perilaku spam atau penyalahgunaan. Misalnya, Anda mungkin dicegah untuk menge-Tweet dari akun Anda untuk jangka waktu tertentu atau Anda mungkin diminta untuk memverifikasi informasi tertentu tentang diri Anda sebelum melanjutkan. Dapatkan bantuan untuk membuka kunci akun Anda.

  3. Ajukan banding dan kami mungkin dapat membatalkan penangguhan akun Anda / File an appeal and we may be able to unsuspend your account. Jika Anda tidak dapat membatalkan penangguhan akun Anda sendiri menggunakan petunjuk di atas dan menurut Anda kami melakukan kesalahan dalam menangguhkan atau mengunci akun Anda, Anda dapat mengajukan banding. Pertama, masuk ke akun yang ditangguhkan. Kemudian, buka tab browser baru dan ajukan banding.




Itu adalah beberapa poin yang disarankan pihak twitter, aslinya dalam bahasa inggris. Tetapi jika sobat lihat gambar diatas, Cara Pertama Gagal ya, alias tidak bisa...


Untuk Cara kedua Are you seeing a message that your account is locked? ini udah beda kasus ya, karena tingkatannya udah tidak terkunci... tapi udah di suspend, bisa jadi sebelum ini akunnya terkunci, itu bisa jadi... tetapi mungkin saya tidak cepat tanggap, sehingga udah keburu suspend.


Kalo cara pertama dan kedua gagal, seharusnya cara ketiga menjadi "Harapan" utama ya sob... karena ini kalau kita lihat, paling sesuai.. jadi kita bisa mengajukan banding atau appeal



Cara Mengajukan Banding ( Appeal )


Berikut ini saya sampaikan cara untuk membuka / melakukan unsuspend terhadap akun yang sudah disuspend.

  1. Silahkan Kunjungi Halaman Pengajuan Banding Twitter

  2. Silahkan Isi Formulir Pengajuan Banding untuk dapat Unsuspend.


    Pada bagian deskripsi, saya tulis... ( bisa anda copy )


    Why my accout suspended? i'm not post anything wrong... i cannot unsuspending or unlocking our account, i cannot provide phone number. How to unsuspend my twitter account?





    FORMULIR PENGAJUAN BANDING



  3. Setelah anda rasa lengkap, dan anda sudah melakukan checklist pada chapta, selanjutnya silahkan klik "Submit"

  4. Nanti akan muncul pesan Sukses Memasukkan data



    Formulir terkirim

    Setelah itu, anda perlu bersabar, karena permintaan anda sedang di proses, disitu tertera, bahwa proses penanganan permintaan / request membutuhkan beberapa hari kemungkinan.


    Tunggu saja, nanti akan ada pemberitahuan melalui emai yang anda kaitkan dengan akun yang di suspend ata yang anda masukkan di formulir tadi.


  5. Yey! Akhirnya setelah menunggu beberapa jam... hehe tetnyata cepet banget! udah ada email masuk yang berisi bahwa akun twitter telah berhasil di unsuspend! atau penangguhannya udah dibatalkan




    unsuspend twitter account



    Setelah itu, anda bisa coba buka akun twitter anda, dan kembali posting twitter... :) Sekarang saya udah bisa posting kembali...









Moga Manfaat..

F.N.A-RED







Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu, Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link https://www.youtube.com/rahmancyber
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Artikel Pilihan

Posting Komentar


Follow by Email

Whatsapp Button works on Mobile Device only