1/07/2020

Kategori DKV di RahmanCyber NET diganti menjadi DKM ( Desain Komunikasi Multimedia )

Hello Assalamu'alaikum sobat RahmanCyber NET dimanapun kamu berada, Rasanya udah lama banget aku tidak posting seputar Videografi, Desain, Audio di Kategori DKV atau penjabarannya Desain Komunikasi Visual,

Apa itu Desain Komunikasi Visual


Menurut Penjelasan secara Akademis Desain Komunikasi Visual berkaitan dengan penggunaan tanda-tanda (signs), gambar (drawing), lambang dan simbol, ilmu desain di dalam penulisan huruf (tipografi), ilustrasi dan warna yang bisa dikatakan semuanya berkaitan dengan indera penglihatan.


Latar Belakang Kategori DKM


hmmm yang mungkin ada baiknya juga ya kalau jadi DKVA ( Desain Komunikasi Visual Audio ) hehe, Tapi kayaknya kurang pas deh, entahlah tapi menurutku kurang pas juga sih untuk mewakili materi yang akan disampaikan di RahmanCyber.NET ini, mengingat disini kita masih belum memiliki karyawan atau masih single Fighter ( sama seperti adminnya yang masih single ) hek…. untuk mengurus Website berbagi Ilmu RahmanCyber.NET ini, sehingga untuk memberikan materi yang spesifik, sepertinya masih agak susah, apalagi ketika aku tinjau ulang penggunaan Kategori DKV agak kurang pas di RahmanCyber NET ini, mengingat yang aku posting tidak hanya Desain Visual saja, melainkan ada juga Videografi, Audio Editing dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan Multimedia.



Dulu aku lebih kenal dengan sebutan Multimedia, tetapi akhir akhir ini kata Multimedia malah banyak dipakai Rental Alat - alat Shooting, jadi gimana ya gitu, sebenarnya ketimbang DKV yang mulai ku kenal ketika udah berada di jenjang perkuliahan, eh ndak ding sebenarnya pas SMK sudah ada itu istilah, walaupun aku bukan anak jurusan DKV tetapi Teknik Informatika.. hehe, ya tetapi pas jamanku itu istilah itu cukup HYPE dan menjadi standar di Perguruan tinggi, perguruan tinggi di Indonesia yang membidangi itu... DKV ( Desain Komunikasi Visual ).

Mengapa Kategori diganti Namanya menjadi DKM


Dan di RahmanCyber NET ini berbeda,  karena kita mencoba menggabungkan kedalam satu Kategori Root yang membahas banyak hal tentang Industri kreatif ini, dan saya tau ketika membaca banyak postingan yang udah saya buat sebelumnya, sepertinya DKV kurang Cocok, karena disitu juga terdapat Videografi, dimana ada peran audio didalamnya, hmm, sehingga lebih baik saya ubah saja kategori Root yang sebelumnya DKV menjadi  DKM ( Desain Komunikasi Multimedia ), Sepertinya kategori DKV memang akan saya ganti deh di Pengkategorian di RahmanCyber NET ke DKM ( Desain Komunikasi Multimedia ), Karena saya juga sulit sekali move on dari Istilah Multimedia dan juga menurutku DKV hanya mewakili Visual saja, sedangkan kalau aku liat dari materinya, video Interaktif tidak bisa terlepas dari yang namanya Audio, dan Audio juga berperan disana, Kenapa aku sulit move on dengan istilah Multimedia? karena itu sangat Powerful dan mewakili, ya buat sebagai pembeda dengan penyedia Rental Alat aja lah, dikasi DK ( Desain Komunikasi ) karena memang semua itu kan menuju ke arah Komunikasi ya, jadi bagaimana kita mengkomunikasikan sesuatu ke khalayak banyak, ne?

Bahkan di dalam Multimedia Bisa di Jabarkan dengan lebih Spesifik, misalnya  Desain Grafis ( Media Grafis ), Videografi ( Audio Video ), Interactive Presentation ( dia masuk juga pengkombinasian dari banyak komponen yang kaya akan Grafis, Video, Audio )

Kesimpulan Penggantian Kategori DKV ke DKM


Jadi Biarlah di RahmanCyber NET ini kita ganti istilahnya, jadi jangan bingung ya kalo ada Kategori DKM disini, mungkin agak idealis dan terkesan Pengen Buat Istilah sendiri… tapi saya ngggak bermaksud itu, aku hanya menggunakan yang aku rasa enak menurutku hanya untuk RahmanCyber NET, tentunya untuk mempermudah Pembaca dalam pengalaman bernavigasi di Website Multi Content Rahman Cyber ini… dan tentu karena ini adalah Dunia RahmanCyber.NET …  Jadi Bebas, as I like..

Tetapi sebelum lebih jauh,
Semoga postingan Pembuka Kategori DKM di tahun 2020 ini dapat menjadikan rujukan pemahaman tentang Kategori Root yang akan kita selanggarakan, tentu ini merupakan realisasi dari Manajemen RahmanCyber. Semoga Kedepan Rahman Cyber NETWORK dapat menjadi Website Multi Content yang berkembang dengan berbagai macam Ilmu Pengetahuan di dalamnya.

Stay Creative.




Untuk Update Mengenai Kategori ini akan di Posting di Thread ini ya



"Ketika kau mempelajari sesuatu, konsistenlah dan perdalam itu… maka kau akan menjadi professional



RAHMANCYBER NET Belajar Ilmu - Menerapkan Ilmu - Mengamalkan Ilmu Situs Website Utama : https://www.rahmancyber.net Facebook, Instagram : @RahmanCyber Youtube Channel : YouTube.Com/c/RahmanCyberNET atau YouTube.com/RahmanCyber Tentang RahmanCyber | Peta Situs
Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu di http://rahmancyber.net Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link Channel Youtube RahmanCyber NET
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Baca Juga

Post a Comment

Berilah Komentar di sini, Harap Jangan Nyepam ya...

RahmanCyber merupakan media referensi yang membahas berbagai topik seperti Info, Tutorial, Tips, Trik, Belajar Bersama... mengapa tidak satu Niche saja yang dibahas di RahmanCyber?
karena disini kita mengutamakan artikel yang kaya dalam satu tempat, sehingga pengetahuan yang di share ke pengguna dapat bervariasi, dan pengguna hanya perlu menuju kategori yang dia senangi atau butuhkan sahaja.
artikel di Rahman Cyber dibuat secara manual dengan bahasa yang kita usahakan ringan agar mudah dipahami pembaca. Salam RahmanCyber Network

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only