2/19/2012

Tips Memulai Freelance Desain








Nah bagi para desainer yang membutuhkan ruang untuk berkreasi sekaligus mencari uang. nih ane punya beberapa link untuk bahan anda mencari ruang kreasi sekaligus cari uang. Todo Point Aja!


Jenis Pekerjaan



Ini merupakan beberapa jabaran berbagai jenis produk yang dihasilkan dari Bidang Desain…

  • Pembuatan Logo
  • Pembuatan background twitter
  • Corporate identity
  • Tampilan website / web psd mockup
  • Pembuatan brosur
  • Rebranding
  • Pembuatan Business Card
  • Desain T-Shirt
  • Banner Ads
  • WordPress Theme
  • Desain Ikon
  • Desain Stationary
  • Pembuatan Review
  • Desain Video Illustrasi
  • Desain Presentasi
  • Desain Tombol Website
  • dan banyak lagi

Daftar Website untuk Freelancer Desain



Dari sekian banyak website yang menawarkan pekerjaan desain grafis, saya pilihkan 8 website yang paling diminati karena kemudahan dan sistem yang memungkinkan benar-benar dibayar.

http://www.99Designs.com

Website ini paling banyak menuai kontroversi namun banyak diminati oleh desainer freelancer. Sistem yang ada pada 99designs cukup mudah dipahami disertai level keamanan (terbayarkan jika menang) lebih baik semenjak menuai banyak kritikan pada tahun 2008 lalu. Pekerjaan desain juga semakin menarik dan aman dari plagiarisme karena ada sistem yang memungkinkan hanya klien yang dapat melihat, artinya desainer yang berkompetisi tidak bisa melihat karya desainer lainnya selama kompetisi berlangsung sekitar satu mingguan. Kemudian, setelah ada pemenang barulah semua desain bisa dilihat antar desainer.
Pekerjaan desain yang ada cukup banyak sehingga bisa menyesuaikan dengan kondisi para desainernya. Sekaligus hal tersebut menjadi

http://www.peopleperhour.com

Hampir seperti namanya, pekerjaan akan dibayar lebih fair dengan hitungan jam meski ada beberapa pekerjaan yang fixed atau dibayar mingguan bahkan harian. Untuk segi jangka panjang, website ini lebih cocok dipilih karena juga ada term atau permintaan untuk jangka panjang jika klien menginginkan demikian. Sebaran pekerjaan sangat banyak, tidak untuk cuma desainer saja.

http://www.project4hire.com

Tempat nongkrongnya pada pekerja bebas alias freelance. Pasar freelance ini menawarkan berbagai kesempatan kepada kontraktor dan dengan demikian meminta mereka untuk membayar sejumlah kecil sebagai komisi ke situs teknologi, untuk pembayaran yang akan diberikan pada suatu proyek. Selain mudah digunakan juga platform besar untuk pos proyek dan tempat menemukan profesional freelance seperti coders, konsultan, desainer grafis, pengembang perangkat lunak.

http://www.logomyway.com

Untuk masalah logo website ini bisa menjadi Andalan karena berfokus pada pembuatan logo saja sekaligus disertai logo shoecase yang lumayan.

http://logo.designcrowd.com/contests

Kontes atau kompetisi pembuatan logo pada website ini jarang dikenal secara luas oleh desainer Indonesia, boleh untuk dicoba-coba.

http://jobs.webdesignerwall.com/

Penyedia pekerjaan freelance yang dikelola oleh Wall Web Designer, di mana para profesional kreatif datang untuk mencari peluang kerja.Bila Anda posting pekerjaan Anda di sini, maka akan langsung ditampilkan di Wall Web Designer dan situs lain jaringan di mana desainer akan melihatnya. Karena posisis website yang kuat, Web Designer Wall muncul di banyak publikasi portal online dan desain.

http://www.mycroburst.com/contests

Kontes untuk desainer lainnya untuk pembuatan logo dengan pelayanan serta FAQ yang lengkap.

http://www.commarts.com/competitions/design

Mendukung subscribe atau pendaftaran untuk pelajar atau mahasiswa, demikian pula para pejuang desain otodidak serta professional desainer. Jenis pekerjaan desain disini cukup bayak dibandingkan dengan website lainnya dengan tingkat keamanan pembayaran yang bagus.


Namun sangat perlu diingat bahwa harga desain di internet adalah MAHAL, dan begitulah yang juga terjadi di dunia nyata. Jauh lebih mahal daripada apa yang ditawarkan pada serangkaian website di atas. Sekali lagi semua suka uang cepat dan cara cepat (apalagi di Indonesia yang bayaran perkapitanya lebih rendah). Terlebih bagi para desainer muda dan pemula yang berminat untuk membuat portofolio (yang menginginkan cepat dikenal). Sebenarnya ada cara lain untuk mendapatkan uang bagi desainer grafis jauh lebih besar.

Update!!! 17 Februari 2020
Kalian perlu membuka took sendiri, tetapi tentu.. branding kalian harus kuat terlebih dahulu! nah, salah satu cara untuk memperkuat branding ya, ikut kompetisi, kontes dan perbanyak portofolia di beberapa website yang saya jabarkan diatas.

Eh, BTW itu semua adalah url link website luar ya, dan di Indonesia pun sekarang udah banyak kok yang juga membuka peluang bagi desainer untuk membuka diri dan memperbanyak portofolio 😁😁😁

http://www.sribu.com


Konsepnya juga sama dengan beberapa website diatas, disini merupakan desain kontes… Jadi pembeli order ke sribu, setelah itu maka dari pihak freelancer akan memposting karya dan bersaing dengan freelancer desain lainnya untuk meraih pilihan dari Pembeli atau penyelenggara kontes gitu lah. Tapi kayaknya sekarang ini pendaftaran desainer baru agak diperketat deh...



Kesimpulan Tips Memulai Freelancer Desain

Oke temen temen, disini saya akan kasih Tips ya dari rangkuman tersirat diatas, heehe, ambil saja yang dirasa bagi temen temen baik, kamu juga bisa bagikan di kotak komentar jika kamu memiliki tambahan tips lainnya…

1. Untuk menjadi Freelancer Desain, 


kuasailah salah satu dari beberapa pilihan penyedia ruang freelancer desain diatas, setidaknya minimal ada 1 yang menang kontes, itu sudah bias mengangkat nama kamu.

2. Rajin rajinlah Update perihal desain, 


entah itu perkembangan desain maupun kita bias Walking Walking lihat karya desainer lain untuk inspirasi.


3. Bermain di dunia kreatif ini tidak seperti bermain di dunia perkantoran administrasi,


jika mode pikiranmu masih ke arah sana, kamu hanya akan melihat kertas kosong didepan mejamu ( Gak bias buat apa apa ) jadi perbanyak referensi, dan olah referensi desain itu untuk dijadikan ide yang sesuai dengan prinsip desain kamu sendiri 
( Desainer harus punya Prinsip… Karena itulah yang membuat dia UNIQUE!! - Quote by RahmanCyber NET )


4. Tentukan Fokus awal mu!


Ya kamu boleh mempunyai banyak ide pengen ngapain apa aja, karena bidang desain itu LUAS! dan kita bias pilih skala Prioritasnya, sehingga setidaknya kita bisa lebih focus dalam menjadi pro di Produk itu, Misalnya Desain Logo, maka Prioritaskan itu, kamu eksplore pengetahuan tentang Logo dan kamu lihat berbagai galeri karya orang lain tentang logo! kamu bisa punya produk lainnya, tetapi perlu prioritas ya.. Jujur saja saya golongan orang yang banyak ide.. pengen lakuin ini itu.. tetapi nyatanya susah, jika kita gak buat skala prioritas.

Desainer yang memiliki tipe 'Banyak IDE', Usahakan untuk buat Skala Prioritas! sehingga kamu bisa lebih focus, simpen ide lainnya atau jalankan seadanya… lalu kamu bangun kualitas untuk Produk yang kamu Prioritaskan! -  Quote by RahmanCyber NET



Nah, Kira Kira seperti ini pembahasan update untuk kali ini ya Kawan, Semoga Ilmu sedikit ini dapat bermanfaat.




Salam SUKSES !




RahmanCyber Bisnis
Mengulas tentang Bisnis Terkini
http://www.rahmancyber.net
Facebook : /rahmancyber | Twitter : @RahmancyberNet





Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu di http://rahmancyber.net Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link Channel Youtube RahmanCyber NET
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Baca Juga
  1. Terima kasih sharingnya mas , sangat bermanfaat sekali , kalau saya sendiri lebih suka di https://www.sribulancer.com/id/ untuk kategori desain logo , bahasa indonesia ..

    BalasHapus

Harap Jangan Nyepam ya... ^_^

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only