4/27/2018

Apa itu Flowchart dan Cara Membuatnya



Ok.. kali ini kita akan membahas lebih lanjut tentang flowchart, tentu bagi kalian yang berkecimpung di dunia pengembangan software atau sistem informasi.. pasti tidak asing lagi ya dengan makanan yang satu ini.

Sebelumnya kita mngenal definisi Flowchart dulu ya... Menurut Jogiyanto, Flowchart merupakan bagan yang menunjukkan alur dalam program / prosedur sistem secara logika. Ada Juga nih yang berpendapat bahwa flowchart merupakan metode penggambaran alur logika yang diterapkan pada algoritma.

Tentu Tujuan utama dibuat Flowchart untuk mendapat suatu alur kerja atau instruksi yang bisa dibilang komunikatif. Karena pada kenyataannya lebih mudah dipahami ketimbang insttruksi berupa teks baris.
Bahkan orang awam sekalipun dapat memahami dengan mudah lho..
Sehingga Algoritma yang ingin disampaikan menjadi tersampaikan ke klien / orang lain.



Struktur dasar algoritma :


1. Struktur Runtunan (Sequence Proses)
Sebuah runtunan terdiri dari satu atau lebih instruksi. Tiap instruksi dikerjakan berurutan sesuai aturan penulisannya. Urutan instruksi menentukan keadaan akhir algoritma, jika urutannya diubah maka hasil akhirnya mungkin akan berubah. Urutan instruksi menunjukkan cara berpikir penyusun algoritma dalam menyelesaikan masalah

2. Struktur Pemilihan/Percabangan (Selection Proses)
Pada struktur ini, jika kondisi terpenuhi maka salah satu aksi akan dilaksanakan dan aksi yang ke dua diabaikan. Kondisi adalah persyaratan yang dapat dinilai benar atau salah sehingga akan memunculkan ‘aksi’ yang berbeda dengan ‘kondisi’ yang berbeda.

3. Struktur Pengulangan (Iteration Proses)
Digunakan untuk program yang pernyataannya akan dieksekusi berulang-ulang. Instruksi dikerjakan selama memenuhi suatu kondisi tertentu. Jika syarat (kondisi) masih terpenuhi maka pernyataan (aksi) akan terus dilakukan secara berulang.



Jenis-jenis Flowchart :


1. Flowchart Sistem
Jenis flowchart yang menunjukkan kontrol dari sebuah sistem aliran secara fisik. Bagan dari flowchart data ini menunjukan apa yang dikerjakan oleh sebuah sistem. Merupakan bagan yang menunjukkan alur kerja atau apa yang sedang dikerjakan di dalam sistem secara keseluruhan dan menjelaskan urutan dari prosedur-prosedur yang ada dalam sistem.



2. Flowchart Dokumen
Jenis flowchart yang menunjukan kontrol sebuah sistem aliran dokumen. Bagan dari flowchart data ini menunjukan arus data dari laporan dan formulir tembusan. Menulusuri alur formulir dan laporan sistem dari satu bagian ke bagian lain baik bagaimana alur formulir dan laporan diproses, dicatat dan disimpan.



3. Flowchart Skematik
Menggunakan simbol abstrak



4. Flowchart Program
Jenis flowchart yang menunjukkan kontrol dari sebuah program dalam sebuah sistem.Bagan yang menjelaskan secara rinci langkah-langkah dari proses program.



5. Flowchart Proses

Teknik pengambaran yang memecahkan dan mengalisis langkah-langkah selanjutnya dalam perosedur atau sistem.






Flowchart ini bisa memberikan solusi selangkah demi selangkah untuk menyelesaikan masalah yang ada di dalam proses.  Begitulah Apa itu Flowchart dan Cara Membuatnya
Bagaimana? sudah cukup paham belum? kalau ada pertanyaan.. silahkan komen dibawah.



Sumber PUSTAKA :
Jogiyanto, HM. 20015. Analisis & Desain, Ed-ke -III. Yogyakarta : Andi Offset





Advertisement RahmanCyber Network merupakan sumber beragam informasi seputar Tips dan Trik, berbagai Info Terkini, dan Pengetahuan lainnya | Selamat datang di http://rahmancyber.net | Semoga yang kita sajikan pada situs ini bisa bermanfaat bagi para pembaca...



Post a Comment

Berilah Komentar di sini, Harap Jangan Nyepam ya...

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only