Ulasan tentang Film Clannad Session 1 dan After Story



Sebenarnya agak mubazir sih ngreview nih film, karena udah banyak ulasan yang berceceran dimana mana.. tapi tidak masalah, film ini sy masukkan ke "Yuk Bahas Film".

 

{getToc} $title={Table of Contents}

 

Sebenarnya awalnya sy sendiri menduga.. ini film alay nih, ato cuma cinta cintaan gak jelas.. tapi ternyata setelah menyimak lebih dalam, muncullah penghayatan yang mendalam tentang alur cerita, sy mendapat kesimpulan.. nih film sukanya buat sir siran.

film animasi yang diambil dari visual novel karya KEY yang di produksi oleh Kyoto Animation. Clannad tayang di Jepang pada Oktober 2007 dan berakhir Maret 2008. Sedangkan season 2 yaitu Clannad After Story tayang pertengahan tahun 2008-2009.

 

 



CLANNAD merupakan film animasi yang lebih mengisahkan pada kehidupan sehari-hari serta permasalahan dalam sebuah hubungan. Clannad itu artinya adalah KELUARGA 

Clannad mengisahkan tentang kehidupan Tomoya Okazaki, seorang siswa SMA kelas 3 yang sering bolos dan dicap sebagai anak nakal.
Ia membenci kota tempat ia tinggal dan dilahirkan. ia harus tinggal bersama ayah yang mabuk-mabukan dan bahkan tidak menganggapnya anak ( ntar di AS ada surprise tentang sudut pandang ini ). Ia juga harus menanggung kesedihan dan berhenti dari klub basket karena cidera akibat pertengkarannya dengan ayahnya. Dari pada dirumah, Tomoya lebih suka di kost-kost an milik Misae, dimana Sunohara temannya sesama bandel kos disana.

Suatu hari di musim semi, Tomoya berangkat kesekolah dan bertemu seorang gadis aneh yang bicara sendiri, pada dirinya sendiri sambil bergumam 'Roti Kacang Merah', dan entah kenapa Tomoya malah masuk dalam percakapan itu. Itu adalah pertemuan awal dengan Nagisa Furukawa, gadis yang tinggal kelas selama 1 tahun karena penyakitnya, gadis yang bermimpi mendirikan klub teater, gadis yang kurang percaya diri namun ceria, gadis manis yang mengubah kehidupan Tomoya.

Sejak saat itulah cerita dimulai.. hmmm

Cerita Clannad tidak hanya terpaku pada kehidupan Nagisa. Tapi bervariasi pada hampir semua tokoh, entah itu tokoh utama maupun tokoh pendukung dan inilah yang membuat menarik, bahwa tiap tokoh ternyata punya peranan penting dalam pembentukan cerita.


Sebenarnya sy sendiri punya anggapan bahwa Clannad ini mempunyai cerita dalam cerita...
Jadi konsepnya seperti
Cerita [ Cerita 1, Cerita 2, Cerita 3, dst ]
dimana setiap sesi cerita memiliki alur yang ditutup dengan penyelesaian... ah mbuh lah..
Analisa sy sih berawal dari cerita pertama,

Tentang si hantu cantik Fuko Ibuki yang tubuhnya masih koma karena kecelakaan tapi Roh-nya ada disekolah, mengukir gambar bintang laut untuk diberikan kepada siswa agar menghadiri pernikahan kakaknya, Ibuki Kouko dan Yoshino.

Jujur disitu feelnya seperti dikoyak koyak, ( apalagi ketika keberadaan fuko mulai terlupakan .. hiksss.. ) [ perlu diketahui..Ibuki adalah mantan guru di SMA itu, dan Nagisa adalah siswi terakhirnya. Sementara Yoshino adalah mantan penyanyi Rock idola Sunohara dan adiknya Mei..]
apalagi ketika pas resepsi pernikahannya.. suasananya membuat bener bener meneteskan air..

Tuh kan cerita dalam cerita..



Clannad sendiri kalo di review kayak gini mah, seperti film animasi laennya.. tapi ketika kalian nonton sendiri tuh sempai tamat... Sy yakin siapa yang nonton pasti meneteskan air mata. Entah itu karena masalah teman-teman atau mungkin karena masalah Nagisa dan Tomoya sendiri. Apalagi iringan backsound yang sedih.. ha..


masalah keluarga sepertinya menjadi topik utama. Karena CLANNAD sendiri memiliki arti Keluarga. Bahwa keluarga bukan hanya orang yang tinggal bersama kita, tapi orang yang dekat dengan kita, teman-teman kita adalah keluarga.

Ada kata-kata menarik yang bisa dipetik dari ibu Nagisa yg menjelaskan, bahwa setelah menikah dan memiliki anak, orang tua bukannya menghentikan mimpi mereka, tapi mengubah mimpi mereka menjadi impian anak mereka. Anak adalah impian pada orang tua. Ibu Nagisa dan Ayah Nagisa berhenti mengejar mimpinya setelah Nagisa lahir dan mengubah impian mereka, bahwa kebahagiaan Nagisa dan impian Nagisa adalah impian mereka.

Meski begitu sebenarnya ada juga hal yang awalnya sy tak mengerti, yaitu ada beberapa adegan dimana muncul sebuah negeri di dimensi lain.



Nah sebenarnya yg paling kusuka itu
Adalah Clannad After Story, kalau sy boleh bilang tuh " dari sinilah cerita sebenarnya baru dimulai "

MAsih menceritakan kehidupan Nagisa dan Tomoya, kali ini setelah mereka berpacaran. Tomoya masih tinggal di rumah Nagisa.

Nah ini nih cerita dalam cerita... hehe istilah baru,
Muncul Kisah lainnya adalah mengenai Mei-Chan yang ingin kakaknya berubah menjadi seperti dahulu. Perjuangannya agar kakaknya bisa di terima benar-benar kereeeen!!!


Lalu kisah Misae, sang penjaga asrama putra, bener-benera bikin banjir air mata. Percaya nggak percaya, aku juga awalnya nggak percaya, Tapi sepertinya Tomoya punya kekuatan khusus dalam mimpinya.

Dan setelah itu masalah Yukine, dimana kakaknya adalah pemimpin salah satu Geng di kota itu,Kazuto ( rambutnya pirang kayak sonohara ). Kazuto amat ditakuti karena tak ada yang tahu wajahnya dan tak ada yang pernah menang melawnnya.


Yukine pernah berkata mengenai legenda kota itu, jika ada kebahagiaan maka akan ada bola cahaya yang terbang ke angkasa. Siapa yang bisa menangkap bola itu maka satu keinginannya akan terkabul.


Setelah itu Kita juga dibawa menuju kisah Yoshino - Ibuki. Bagaimana mereka bertemu sewaktu Yoshino SMA dan Ibuki adalah guru Seni-nya.



Memasuki inti kisah ini. Yaitu pada hubungan Tomoya-Nagisa. Nagisa sakit begitu musim gugur dan akhirnya tinggal kelas. Sediiiiiiiiiiiih. Saat semuanya berpisah.


Sebenarnya Cerita yang menarik perhatian adalah ketika Nagisa setelah menikah dengan Okazaki, beberapa bulan kemudian ia mengandung. ada kelahiran “Ushio Okazaki” yang merupakan anak mereka. Namun, setelah anaknya lahir ada kejadian tak terduga..



Itu sedikit ulasan saya tentang film yang cukup menyedihkan tersebut...Menurut saya, banyak banget misteri yang kadang tak terduga sebelumnya...


dah segini aja deh saya reviewnya... :)

 

Tapi yang jelas, seperti biasa bro, seperti biasa.. saran saya, ketika kita nonton film... ambillah sisi yang baiknya.., beberapa pelajaran tentang kehidupan terkadang muncul dari pemikiran maupun pengalaman si mangaka ataupun pembuat ceritanya. 


kita hanya perlu memfilter.





*** Udah itu aja.. hehe ***


Itu hanya Cerita ya... Fiksi Pula.. yang udah ditonton ya sudah.. hehe jangan dibawa perasaan teruss.. kayak sy nih.. sy tuliskan aja disini.. biar gak kepikiran terus dan berganti pemikiran.. *** Udah itu aja.. hehe ***













1 Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال