12/21/2017

Pengalaman Ikut Indonesia Android Kejar ( IAK ) Batch 3 November - Desember 2017 di Semarang



Siapa yang belum tau IAK? Hehehe..

IAK merupakan singkatan dari Indonesia Android Kejar..

Ini adalah cerita pengalaman sy ikut pertama kali di IAK..
Jujur saya sendiri jarang ikut kayak gituan.. apalagi kalo sendirian.. biasanya kalo pelatihan bareng bareng sama temen.. tapi kebetulan ini aku dapet email sendiri. Jadi ya apa boleh buat.. karena sistem IAK menggunakan seleksi..

Sebenarnya awalnya sy sempat ragu, berangkat gak ya.. soalnya suka malu malu kucing.. apa lagi kalo ketemu area asing.. halaaaah..

Tapi mengingat itu sebuah peluang yang langka.. masak dilewatkan begitu aja..
Akhirnya sy memutuskan untuk ikut..


Tujuan Awal sih biar dapet sertifikat .. ya itu aja.. buat ntar syarat wisuda..
Tapi ternyata malah kebablasan jadi penasaran ngoding android.. lalu akhirnya tujuan awal berubah..

Setelah sy menyadari, ternyata lebih mudah belajar itu dari dasar / basic.. jadi kedepan lebih terstruktur..
Saya sendiri terbiasa langsung njujug kalo belajar.. jadi langsung mlompat gitu..
Ntar kalo ada kesulitan.. biasa cari di mbah google..
Alhasil ya ternyata acak acakan dan semakin rumit.. sehingga ujung ujungnya bosan dan malas..

Intinya dapet pengalaman berharga yang lebih lebih deh.. untung saya daftar yang beginer.. dari paling awal.

IAK kelas Beginner, ditujukan bagi kamu yang memiliki niat membuat aplikasi Android namun belum pernah mengenal Java dan XML atau menggunakan Android Studio. Lebih tepatnya belum familiar dengan dunia programming. Di kelas beginner, kamu akan dibimbing oleh fasilitator selama 2 kali pertemuan yang mana setiap pertemuan akan dibimbing selama 8 jam.



Pengajaran pun sy nikmati dengan penuh rasa ke ingintahuan.. sehingga sy banyak mempelajari hal hal baru..

Saya mengikuti IAK ini setiap hari Minggu. Hal tersebut menguntungkan buat saya karena tidak kena hari kerja dan waktu libur saya terisi oleh IAK ( Disamping ambisi sy untuk mendapat sertifikat... wkwkwk). Sebenarnya kita bisa mengubah harinya tergantung dari kesepakatan bersama antara peserta dan fasilitator.


Sampai ketika penutupan pelatihan IAK 2017 batch 3 di UNDIP semarang.
Ketika kita disuruh buat aplikasi dari pembelajaran yg didapat tersebut.. mengenai 5 hal. Tentunya untuk dapat mendapatkan Sertifikat kelulusan IAK... ^_^

Untuk mendapatkan sertifikat dari IAK sebagai peserta cukup sulit. Pertama, kehadiran kamu minimal 50% dari kegiatan IAK yang kamu ikuti. Kedua, menyelesaikan course di Udacity. Ketiga, mengerjakan final project. Itu ketentuan yang saya dapatkan waktu mengikuti IAK batch 3. Mungkin ketentuannya akan berlanjut untuk IAK setelah ini.

Cukup menarik memang.. layaknya sebuah kompetisi.. sy pun menerapkan beberapa ilmu yg telah dipelajari di Website Udacity tentang basic training.

Bahkan sampai pada pembelajaran input dan pengolahan penghitungan variabel ( Kalkulator Coffe )
akhirnya sy memutuskan untuk membuat aplikasi tentang anxiety disorder... Nama Aplikasinya Anxie..


Anxie merupakan Aplikasi yang membahas tentang Anxiety Disorders, membantu pengguna untuk lebih memahami tentang anxiety disorder.
Aplikasi ini memiliki 5 bagian utama, antara lain :
1. Bagian Definisi ( berisi tentang Penjelasan lebih detail tentang Anxiety Disorder dan dari beberapa teori dan jenis anxiety disorder.
2. Bagian Gejala ( berisi tentang penjelasan tentang gejala apa saja yang timbul menyertai Anxiety Diorder )
3. Bagian Tips Penyembuhan ( Berisi tentang beberapa tips penyembuhan anxiety disorder, disertai dengan pilihan memainkan musik relaksasi juga di awal halaman )
4. Bagian Video Tips ( Tips yang berwujud dalam video Visual yang dapat dimainkan secara offline tanpa terkoneksi internet )
5. Bagian Kuisioner Anxiety ( berisi tentan beberapa pertanyaan yang dapat mengukur tingkat kecemasan, yang didasarkan pada Zung Self Rating Anxiety Scale Score dengan rumus Skor 20-44 : Kecemasan Ringan, Skor 45-59 : Kecemasan Sedang, dan Skor 60-80 : Kecemasan Berat. )

Aplikasi Anxiety ini memiliki bisa dijalankan minimal pada android Ice Cream Sandwich , tetapi lebih baik untuk dijalankan di Android Marsmallow ke atas.
Aplikasi Anxie ini memiliki ukuran apk sekitar 37mb, karena terdapat audio dan video dan aplikisi ini dapat dijalankan secara full offline.




Ini dia aplikasi Anxiety Disorder yang di hasilkan..baru saya Upload di Play Store.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.genbisoft.anxie&hl=in



Ya memang hanya sederhana sih, karena itu sy buat langsung setelah pelatihan tatap muka selesai.. karena saat ini sy termasuk mahasiswa yg sedang berada di tahap tugas akhir / skripsi.. sehingga sy tdk mau menumpuk numpuk pekerjaan dan tugas.. sehingga harus selesai langsung dikumpulkan..

Saya membutuhkan 5 Hari untuk membuat aplikasi itu.. disela sela aktivitas pekerjaan sy.. karena status sy juga bekerja.. alhasil ya aplikasi yang penting jadi itulah yang sy kumpulkan.. tujuan sy saat itu hanya agar dapat sertifikat. Untuk keperluan syarat wisuda...disamping sy mulai senang coding android.. ^_^

Ya memang IAK itu sangat membantu bagi mereka yang ingin terjun di dunia developer android, selain materi yang ada terstruktur dengan baik.. sehingga kita dapat mempelajarinya dengan mudah, Program IAK sendiri juga memacu peserta untuk penerapan ilmu yang di dapatkan secara langsung menjadi hasil nyata.

Tanggal I9 Des 2017 merupakan acara awarding / bisa dibilang perayaan kelulusan.. sebelumnya dapet email seperti itu, sehingga agak lega nih.. alhamdullilah lulus, dapet sertifikat yang sesuai dengan prodi informatika... hehe, sehingga fokusku tinggal TOEFL dan Skripsi.

Seperi yg fasilitator bilang.. ternyata pada acara awarding itu selain ada sharing ilmu dari startup, juga ada talk show dan juga penyerahan penghargaan bagi peserta terbaik..

Ya, sy tak berharap banyak dengan hal itu.. dan benar ketika di bacakan 60 peserta terbaik.. namaku tidak tercantum..
Heee, ternyata masih ada di balik slide setelahnya.. 2nd peserta terbaik.. ada sekitar 60.. dan juga gak ada.. lalu mereka foto bersama penerimaan hadiah.. hehe, yang ada dibenakku saat itu, ternyata banyak banget ya peserta yang berkompeten..berarti kemampuan sy masih biasa biasa saja..


Eh.. setelah itu ternyata masih ada alide lagi.. untuk peserra terbaik 1st.. sekitar 50 orang, dan ternyata namaku ada disana.. wow, gak nyangka..
Lumayan dapet kaos.. ya walau hanya dapet kaos dengan embel embel Indonesia android kejar..



Bukan itu yg menjadi nilai berharganya, karena nilai berharganya adalah rasa percaya diri yang mulai tumbuh " ternyata aku bisa " itu yg terpenting..

Ya, sehari setelah acara awarding itu.. sertifikatnyapun dikirim..
Eh tapi lewat email.. dan tidak ada tanda tangan atau semacamnya, hanya bertanda google developer dan itu format pdf.. kadang aku jd berpikir.. kalau kayak gini mah.. bisa dipalsu.. tinggal ganti nama doang..

Tapi bukan itu gan jd sorotan utama.. karena ada kepuasan tersendiri.. setidaknya sy tidak melakukan sebuah kebohongan dengan memalsu sertifikat..
Ada kepuasan tersendiri lah.. karena sy menjalani rangkaian pelatihan dari awal sampai selesai.

Itu cerita sy di Android Kejar Indonesia Batch 3 semarang kelas Beginner.

Apakah sy mau lanjut.. ke tingkat intermediet atau advance? sepertinya tdk dlu.. karena sy mau fokus ke Skripsi..




^_^







Advertisement RahmanCyber Network merupakan sumber beragam informasi seputar Tips dan Trik, berbagai Info Terkini, dan Pengetahuan lainnya | Selamat datang di http://rahmancyber.net | Semoga yang kita sajikan pada situs ini bisa bermanfaat bagi para pembaca...



  1. bang, berapa kali pertemuan offline selama studi IAK bang ?

    ReplyDelete
  2. Kayak yang tertera diatas bang... untuk beginner 2 kali dan untuk intermediete / advance 4 kali.. untuk IAK selanjutnya kemungkinan masih sama...

    ReplyDelete

Berilah Komentar di sini, Harap Jangan Nyepam ya...

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only