4/22/2016

Mengenal tentang Apa sih itu Penelitian?


Penelitian

Mari kita sedikit mengenal tentang Penelitian. Didalam dunia institusi pendidikan, penelitian merupakan

suatu hal yang penting.. khususnya di universitas. Untuk menempuh gelar S1 (Skripsi), S2(Tesis) sampai S3(Disertasi) tak akan dapat terlepas dari yang namanya Penelitian.. bahasa kerennya "Research" :D

Lalu apa sih sebenarnya penelitian itu?
Penelitian merupakan Suatu pemeriksaan atau pengujian yang teliti dan kritis dalam mencari fakta (Ndraha,

1981)

Seperti halnya nikah, Penelitian memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi.. :D agar penelitiannya

berbobot.

1. Feasible atau Kelayakan


harus tersedia subjek penelitiannya, tersedia dana untuk penelitiannya dan yang terpenting adalah waktu, alat dan keahlian. sehingga Penelitian itu dapat memenuhi syarat Layak.

2. Interisting atau ketertarikan


Si peneliti harus tertarik dengan apa yang akan ditelitinya, itu sudah menjadi syarat utama sebelum melakukan penelitian. Kalau si peneliti tidak memiliki ketertarikan dengan penelitiannya, maka yang terjadi penelitiannya menjadi tidak selesai atau terlalu melebar dan akhirnya failed / gagal. Jangan berprinsip " meneliti untuk mendapatkan uang, karena ujung ujungnya yang ada hanyalah keterpaksaan dan hasil penelitiannya pun buruk!" peneliti yang baik itu hanya meneliti sesuai minat dan ketertarikannya, sehingga karya penelitiannya pun berbobot dan akan bermanfaat lebih.

3. Ethical atau Etis


Penelitian itu harus tidak bertentangan dengan etik ( terutama penelitian terhadap manusia ), intinya setiap penelitian harus etis dan tidak sembarangan.

4. Relevan


Penelitian yang baik itu harus relevan dengan kebutuhan masyarakat / industri... nah kalau penelitian seperti skripsi itu gimana ya? skripsi itu kan relevan terhadap bidang jurusan fakultas masing masing / relevan terhadap disiplin ilmunya masing masing.



Lalu apa sih Tujuan Penelitian?

1. Untuk mengetahui deskripsi dan berbagai fenomena
2. Untuk memecahkan berbagai permasalahan dalam kehidupan
3. Untuk menerangkan hubungan antara berbagai kejadian


Lalu apa boleh sih Plagiat dalam Penelitian..?
Ya tidak boleh lah...biasanya yang plagiat itu adalah peneliti yang ngejar bayaran alias fulus, sehingga penelitiannya asal asalan yang penting jadi.

Nah itulah beberapa hal yang dapat kita jelaskan tentang penelitian, nah jika kamu ingin menambahkan.. bisa tuh dishare di sini untuk dapat dibagikan ke pembaca lainnya :D

salam RahmanCyber Study





RahmanCyber Info
Topik yang mengulas tentang info info terkini yang lebih spesifik.
http://www.rahmancyber.net
Facebook : /rahmancyber | Twitter : @RahmancyberNet





Advertisement RahmanCyber Network merupakan sumber beragam informasi seputar Tips dan Trik, berbagai Info Terkini, dan Pengetahuan lainnya | Selamat datang di http://rahmancyber.net | Semoga yang kita sajikan pada situs ini bisa bermanfaat bagi para pembaca...



Post a Comment

Berilah Komentar di sini, Harap Jangan Nyepam ya...

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only