9/29/2015

Mengenal lebih dalam Permainan Kartu YUGIOH Duel Monster



Nah.. bagi kalian yang pernah nonton Serial Animasi Yugioh Duel Monster, Pasti tak asing dengan Permainan Duel Monster ini. Yang belum tau lebih, bisa mampir ke thread ini ya... " Yuk Bahas Yugioh Duel Monster "

Nih kalau masih penasaran sama cara mainnya.. bisa di lihat cuplikan pertandingan antar PCnya yang ane buatin tuh, saat ane main dengan saingan ane..



Welllll....

Kartu yang prinsipnya adalah menang dengan membuat life point lawan menjadi nol, dengan kombinasi kartu yang memiliki aturan berbeda - beda.

Permainan ini memang identik di gemari oleh para laki - laki yang suka mengatur strategi.  Ya modelnya seperti Catur, Igo dan Bahkan kartu Remi...

Kalau dulu, permainan ini  masih populer dengan kartu cetak buatan konami (untuk yang asli lho ya) dengan papan arena yang banyak di pasarkan juga oleh konami.
Tetapi seiring berkembangnya teknologi, permainan ini pun juga mengalami perkembangan.

Ada yang di jalankan di PC, dan bisa duel secara standalone dengan komputer atau juga bisa di LAN untuk dimainkan antar komputer ( Ini juga ane dulu sering main nih... :D )

dan Sekarang di Era smartphone yang telah merajalela, atau banyak digunakan,  Konami pun joga mengeluarkan versi smartphone nya, Yaitu Yugioh Duel Generation, yang Bisa dimainkan menggunakan Android maupun Iphone, tampilannya seperti pada gambar diatas tuh...

Sehingga Antar duelist pun bisa bertanding tanpa ada batasan jarak dan waktu... * hehe
Tapi kalau masih punya kewajiban, ada batasan waktunya lho ya.. jangan tiap hari 24 jam main game ini terus, sampai lupa makan, minum dan tidur... hehehe :D




Nah, Ini beberapa Tipe kartu di Yugioh Duel Monster :

  • Kartu monster (monster card)

        Normal ( kuning )

http://3.bp.blogspot.com/-ArdPXftvlXs/VDOfT8YRp7I/AAAAAAAAAHA/qU_Q94qx2Vg/s1600/DPKB-EN001.png
Kartu ini tidak mempunyai efek khusus. Sering disebut sebagai vanilla, karena text yang diberikan pada kartu hanyalah sebagai pelengkap/pemanis yang tidak memiliki efek apapun. Biasanya memiliki warna dasar berwarna Kuning


      Effect ( Orange )
http://3.bp.blogspot.com/-X2uagmzG5AU/VDOf_sosRqI/AAAAAAAAAHI/AVn1zu0VVko/s1600/BPT-004.jpg
Berbeda dengan kartu Normal Monster, kartu ini mempunyai text yang berarti memberikan keterangan tentang efek khusus dari kartu tersebut.

        Fusion (ungu)
http://4.bp.blogspot.com/-MKeyTavB4_I/VDOdmz5nvqI/AAAAAAAAAGw/bPbbLwmMVV4/s1600/AP01-EN019.jpg
Kartu hasil Fusion Summon (teknik special summon menggunakan spell card khusus fusion) satu monster dengan monster lain dari field maupun tangan. Ditaruh di Extra deck dalam keadaan face-down.

        Ritual (biru)
http://1.bp.blogspot.com/-H9Zq0NI5z5E/VDSY_URFbeI/AAAAAAAAAJA/O_SU3Po3y5g/s1600/DPYG-EN017.jpg
kartu monster yang dipanggil dengan Ritual Spell tertentu. Kartu Ritual memerlukan pengorbanan kartu baik di field dan tangan hingga levelnya mencukupi (bisa lebih meski ada beberapa kartu yang harus pas, misalnya Demise King of Armageddon) memiliki warna biru sebagai dasarnya

        Xyz (hitam)
http://4.bp.blogspot.com/-aCbCQjNQo48/VDS0oKxsMmI/AAAAAAAAALk/MxwvVd0aCMI/s1600/index2.jpg
Kartu jenis baru yang ditampilkan di Yu Gi Oh ZEXAL. Ciri-cirinya adalah background berwarna hitam dan level monster (bintang) yang ada di kiri. Exceed Monster hanya bisa dipanggil dengan Exceed Summon .Exceed Summon memerlukan 2 atau lebih monster di arena dengan bintang yang sama sebagai Exceed Material dan 2 monster itu di overlay yaitu menaruh 2 Exceed Material tersebut di bawah kartu Exceed. Efek Kartu Exceed terfokus pada detach atau melepas Exceed Material ke Graveyard. Di antaraExceed Monster ada yang lebih spesial yaitu Number . Kartu Number hanya bisa dikalahkan dengan Number lain dan hanya ada 99 Number dan ada beberapa Chaos Number yang lebih spesial lagi. Sementara ini hanya ada 2 Chaos Number yaitu Chaos Number 39 : Utopia Ray(dimiliki yuma tsukumo dan astral) & Chaos number 32 : Marine biting dragon,Shark drake vice(dimiliki reginald kastle/shark)


        Tuner

http://1.bp.blogspot.com/-v71GwDGS7hw/VDScsPS1CZI/AAAAAAAAAJM/eZCtHkfAPGU/s1600/AP01-EN002.jpg
jenis kartu baru yang diperkenalkan dalam dunia YGO 5D, kartu tipe ini adalah kartu monster, baik normal maupun effect dan merupakan bahan persyaratan yang dibutuhkan untuk memanggil Monster Synchro. Untuk memanggil Synchro, baik tuner maupun monster material harus berada dalam posisi face-up)

        Synchro (putih)
http://1.bp.blogspot.com/-trYDGmmgO6k/VDSkAqr0U8I/AAAAAAAAAJk/WG-0Gt7M1SM/s1600/JUMP-EN039.jpg
Jenis kartu baru yang diperkenalkan dalam dunia YGO 5D, kartu tipe ini mempunyai ciri pinggirannya adalah berwarna putih, ditaruh di Extra (Fusion) Deck. Monster Synchro merupakan monster yang hanya dapat di Synchro Summon dengan mengirim tuner dan 1 atau lebih monster lainnya yang bukan tuner dan harus mempunyai jumlah bintang yang sama seperti Synchro yang akan dipanggil, tidak bisa lebih atau kurang. Bisa dibilang semacam gabungan dari Fusion dan Ritual.

        Token (abu2)
https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/236x/38/bf/b9/38bfb987c8a1c30e7c9d9036530e1f76.jpg
Kartu Token merupakan kartu yang di keluarkan secara special dengan spell card maupun effect monster.



  • Kartu sihir (spell card)

        Normal
http://4.bp.blogspot.com/-HIiYLnmzy28/VDOqfiiIknI/AAAAAAAAAH4/rlnu8t3HFzo/s1600/DPYG-EN024.jpg
Kartu ini hanya dapat berfungsi sekali saja dan akan menuju graveyard setelah efeknya keluar.

        Quick play
http://1.bp.blogspot.com/-0o1B91_dg_o/VDOvElctobI/AAAAAAAAAIg/nv4u1qTRVeM/s1600/CP01-EN007.jpg
Kartu ini bisa digunakan langsung atau ditutup dan tidak bisa digunakan sebelum melewati satu putaran (seperti Trap). Bisa diaktifkan saat berada di tangan saat putaran sendiri. Bisa dipakai saat battle phase dari tangan.

        Continuous
http://4.bp.blogspot.com/-6Qq2qR8X2B4/VDOtG0-KwhI/AAAAAAAAAIE/Ml0zXT3XhbI/s1600/DB1-EN030.jpg
Kartu ini biasanya selalu berada di arena saat diaktifkan dan efek akan terus terjadi berulang-ulang. Kartu ini hanya akan musnah oleh efek khusus kartu lain.

        Equip
http://4.bp.blogspot.com/-9qs5gWI51yk/VDOtwAW_zhI/AAAAAAAAAIM/UhCVyZt4E0g/s1600/BP01-EN067.jpg
Kartu ini biasanya menambah ATK atau DEF dan dapat digunakan pada monster lawan. Namun saat ini banyak Equip Card dapat menjadi kartu penhancur monster. Equip ini berbeda dengan monster yang dengan efek khusus, dapat berubah menjudi equip 

        Field
http://4.bp.blogspot.com/-nEF4s-OgMe8/VDOuslWQwLI/AAAAAAAAAIY/8FMloBfdUG0/s1600/DB2-EN030.jpg
Kartu ini biasanya berpengaruh pada kedua pemain. Biasanya efeknya meningkatkan atau menurunkan sata monster di arena.

        Ritual
http://2.bp.blogspot.com/-P3qRH25ARUo/VDOwEHlfGII/AAAAAAAAAIs/WCkEaJRCUQ0/s1600/DPKB-EN032.jpg
Seperti Pada Namanya, kartu ini digunakan untuk memanggil secara khusus, monster ritual.




  • Kartu jebakan (trap card)

       Normal
http://3.bp.blogspot.com/-lc7r46qu2sM/VDOlY4ddx9I/AAAAAAAAAHc/44iR4pOhkuI/s1600/TP3-002.jpg
Kartu ini hanya dapat berfungsi sekali saja dan akan menuju graveyard setelah efeknya keluar.


       Counter
http://2.bp.blogspot.com/-oTazahkZgQM/VDOns-cCT9I/AAAAAAAAAHs/6ZV-aO_gQkc/s1600/DB2-EN074.jpg
Kartu ini untuk membalikan serangan atau efek dari Spell atau Trap, kartu Counter Trap hanya bisa dibalas oleh sesama Counter Trap


       Continous
http://3.bp.blogspot.com/-vHoq7stBFEA/VDOmjSuAERI/AAAAAAAAAHk/g6ALEswQH8w/s1600/BP01-EN049.jpg
Kartu ini biasanya selalu berada di arena saat diaktifkan dan efek akan terus terjadi berulang-ulang. Kartu ini hanya akan musnah oleh efek khusus kartu lain.






Kalau untuk Versi Kartu Cetaknya, ada istilah Kelangkaan kartu Yu Gi Oh yang terbagi menjadi:

  1.   Common – kartu biasa, tidak memiliki keistimewaan dalam tampilan kartu
  2.   Rare – kartu ini memiliki tampilan silver di judul kartu dan selebihnya biasa
  3.   Super Rare – kartu ini mempunyai gambar hologram
  4.   Ultra Rare – memiliki gambar hologram dan tulisan judul emas
  5.   Gold Rare – tampilan sama seperti ultra rare tapi ditambah dengan pinggiran kartu yang memiliki tampilan keemasan
  6.   Ultimate Rare – serupa dengan ultra rare tetapi memiliki gambar yang timbul / embossed
  7.   Ghost Rare – kartu ini memiliki gambar 3 dimensi, merupakan jenis terbaru dari permainan ini
  8.   Secret Rare – kartu ini memiliki tulisan perak dan gambar holo foil, bedanya di holo foilnya ada garis2 miring berkilauan
  9.   Parallel Rare – kartu yang seluruhnya hologram
  10.   Starfoil Rare - Kartu jenis baru ini muncul pertama kali di BP01, kartu dipenuhi holofoil berbentuk bintang - bintang


Ini beberapa  Peraturan Dasar  Bermain Yugioh Duel Monster :

  •     Dalam show Anime / Manga, setiap pemain diberikan LP (Life Points) sebesar 2000 atau 4000, namun pada permainan di real-life / sungguhan, tiap pemain diberikan nyawa sebesar 8000 LP.
  •     Minimal kartu dalam deck harus ada minimal 40 buah, dan maksimal 60 buah jika kelebihan atau kurang maka pemain akan didisfikualisasi. Pada peraturan sebelumnya batas kartu yang bisa dipakai di deck secara berurutan adalah tak terbatas atau 80 buah  (CATATAN : Hanya boleh ada maksimal 3 kartu yang bernama sama persis dalam sebuah deck.)
  •     Maksimal kartu yang ada di tangan, pada saat End Phase adalah 6, lebih dari itu harus dibuang jumlah yang berlebih ke dalam Graveyard, kecuali terdapat efek kartu khusus seperti Infinite Card.
  •     Life Point yang berkurang biasanya sesuai selisih attack point musuh dengan attack point monster sendiri dan dalam posisi menyerang, sedangkan monster dalam posisi bertahan life point pemian tidak berkurang. Jika monster menyerang dengan musuh poin serangan sama, maka kedua monster akan hancur dan tidak terjadi damage pada life point.

Kondisi untuk memenangkan suatu duel adalah salah satu dari kondisi berikut (yang mana yang lebih dahulu terpenuhi) yaitu: Menghabiskan "Life Point" Musuh sehingga 0, atau Lawan menyerah atau Menghabiskan Deck Lawan sehingga lawan tidak dapat menarik kartu lagi dari tumpukan deck atau Akibat efek dari kartu tertentu seperti Exodia thr Forbidden One, Destiny Board, Final Countdown, Ulevo, atau Vennominaga the Deity of Poisonous Snakes.

Untuk MATCH DUEL, adalah duel dengan sistem pertandingan, yaitu lebih dahulu memenangkan duel 2 dari 3 pertandingan. Biasanya pertandingan ini yang dilakukan pada pertandingan, karena lebih adil. Namun itu juga tergantung dari kesepakatan kedua pemain




Area permainan pada permainan Yu-Gi-Oh! terbagi atas beberapa bagian:

   
Field Magic
Kartu ini mengubah area pertarungan, bukan berada di Spell / Trap Field tapi hanya diperbolehkan satu saja di setiap area pemain. Posisi kartu ini tidak diaktifkan pada S/T (Spell/Trap) Zone, tetapi memilik tempat tersendiri (khusus). Dan hanya boleh ada 1 spell field yang aktif. Apabila pemain lawan mengaktifkan spell field, makan spell field yang lama dan telah aktif, ada dihancurkan dan berganti dengan spell baru secara otomatis


Monster Zone ( 5 Zona )
Tempat menaruh monster yang aktif di arena, jumlah maksimal 5

Graveyard
Area tempat penampungan kartu-kartu monster yang telah "mati" dalam pertempuran, atau kartu-kartu spell/trap yang telah terpakai

Extra Deck
Dulu bernama Fusion Deck, yang tidak memiliki batas maksimal, yang pada 2009 diubah, sehingga kini disebut Extra Deck, dan hanya memiliki batas maksimal 15 kartu saja. Extra Deck adalah tempat menaruh Monster Fusion, Synchro, dan Exceed(Exceed dikenal juga dengan XYZ)

Spell / Trap Zone ( 5 Zona )
Tempat menaruh kartu Magic/Spell dan Trap, jumlah maksimal 5

Deck
Jumlah minimal harus 40 kartu tidak boleh kurang, tetapi boleh lebih, maksimal 60 kartu. Namun di permainan Yu-Gi-Oh! GX, batas kartu di deck maksimal 80 kartu.

Hand 
Kartu di tangan maksimal 6, lebih dari itu pada setiap End-turn, player yang memiliki kartu yang berlebih harus membuang kartu yang ada di tangan player sehingga berjumlah 6 kembali, kecuali efek kartu yang aktif seperti Infinite Card.

Remove From Play
Berfungsi sama seperti graveyard, fungsi semula area ini adalah kartu kartu dalam area ini dianggap telah hilang dari permainan, sehingga apabila pemain mengaktivasikan kartu dalam area Remove From Play tidak dimasukkan kembali ke dalam deck, namun seiring dengan berkembangnya permainan, kini telah banyak support untuk Remove From Play.



Bisa Di lihat sendiri detailnya...

Nah tertarik untuk mencoba, bagi kalian yang memiliki smartphone dengan storage /. penyimpanan yang cukup besar, saya sarankan untuk download Yugioh Duel Generation.
yang belum tau linknya di sini nih... Yugioh Duel Generation Android 





Semoga Informasi ini bisa bermanfaat bagi kamu yang suka dengan Permainan ini... sekedar sharing informasi aja..
ok.. ikuti terus perkembangan artikel Rahmancyber.net ya..


Salam






RahmanCyber Hobi dan Kegemaran
Mengulas tentang Hobi dan Kegemaran lebih spesifik..
http://www.rahmancyber.net
Facebook : /rahmancyber | Twitter : @RahmancyberNet







Advertisement RahmanCyber Network merupakan sumber beragam informasi seputar Tips dan Trik, berbagai Info Terkini, dan Pengetahuan lainnya | Selamat datang di http://rahmancyber.net | Semoga yang kita sajikan pada situs ini bisa bermanfaat bagi para pembaca...



Post a Comment

Berilah Komentar di sini, Harap Jangan Nyepam ya...

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only