5/18/2015

Teknologi TV LCD, TV Plasma, dan TV LED




Saat ini teknologi pertelevisian bisa dibilang mengalami kemajuan yang drastis. Dan Tanpa terasa evolusi itu sudah ada di depan mata.
Ingat dulu ketika TV Tabung masih banyak diminati... Udah berapa tahun ya... :D
Ya TV Tabung atau dalam istilah disebut CRT telah menemani kita dan mengisi ruang keluarga kita. Tidak dapat dipungkiri TV tabung mungkin sebentar lagi akan bertemu dengan masa pensiunnya karena sudah banyak orang yang telah meninggalkan TV berlayar cembung dan boros listrik ini. Teknologi yang semakin canggih saat ini membuat banyak orang berpindah hati untuk TV yang bentuknya lebih tipis, berlayar datar, dan tentu saja hemat listrik.

Ya sekarang adalah eranya layar datar. Lebih mudah dibawa dan tidak memenuhi ruang simpan, ditambah lagi hemat listrik. Lalu kita kenal di Indonesia ada 3 Pasar Besar dalam Pertelivisian yang menghiasi penjualan elektronik tv ini. Ada TV LCD, PLasma dan LED.
Apa sih bedanya ketiga teknologi tersebut? toh juga sama sama layar datar.

Ok mari kita bahas....


TV LCD

TV LCD (Liquid Crystal Display) merupakan TV dengan teknologi layar datar pertama. TV LCD bekerja dengan memproduksi gambar hitam dan berwarna dengan melakukan seleksi cahaya yang dipancarkan oleh serangkaian lampu teknologi CCFLs (Cold Cathode Fluorescent Lamps) di belakang layar. Jutaan lampu tersebut akan dinyalakan dan dimatikan melalui LCD shutter dengan melewatkan cahaya putih dengan intensitas tertentu. Setiap shutter akan digabungkan dengan filter warna yang akan melewatkan warna Red, Green, dan Blue (RGB). Shutter dan Filter yang masing-masing merupakan sub-pixel ini berukuran sangat kecil, dan secara kasat mata membentuk gabungan yang disebut dengan pixel.

Salah satu contoh TV LCD dengan fitur gambar FULL HD dan mendukung siaran TV Digital beresolusi 1920 x 1080 pada layar TV  Anda dan dengan kemampuan menangkap siaran TV Digital Anda dapat menikmati pengalaman nonton TV dengan gambar yang lebih jernih dan bebas distorsi. Dengan TV Digital Apapun mereknya, Anda tidak perlu membeli set top box untuk menikmati siaran digital.

Keunggulan TV LCD adalah menghasilkan warna yang lebih realistis, tidak ada radiasi yang dipancarkan, dapat digunakan sebagai monitor komputer, dan kebutuhan sumber daya listrik yang lebih rendah dibanding TV Plasma. Kekurangannya kualitas gambar akan menurun apabila dilihat pada sudut pandang yang lebar.



TV Plasma

Istilah TV Plasma berasal dari penggunaan sel Plasma, yang merupakan lampu Fluorescent, sebagai dasar pencahayaan layar televisi tersebut. Sebuah Plasma TV memanfaatkan jutaan sel Plasma yang diletakkan di antara dua panel layar kaca. Setiap sel yang berisi kombinasi antara gas noble dan sejumlah kecil mercury yang akan diuapkan dan diberi aliran listrik sehingga berpendar dan membentuk plasma. Warna dihasilkan dari fosfor yang terdapat di dalam sel tersebut, di mana di dalam setiap sel akan berisi fosfor 3 jenis warna utama, yaitu: Red, Green, dan Blue, atau biasa dikenal dengan RGB. Perbedaan voltage yang diberikan pada tiap sel juga menghasilkan kombinasi warna yang ada.

Keunggulan TV Plasma adalah sudut pandang menonton yang lebih luas. Jika dibandingkan dengan TV LCD dan TV LED, TV Plasma lebih nyaman ditonton dari segala arah. Rasio contrast yang tinggi yaitu 1 berbanding 2 juta membuat TV Plasma lebih baik dari TV LCD untuk urusan contrast warna. Namun untuk urusan listrik, TV Plasma mengkonsumsi daya yang lebih banyak dibandingkan dengan TV LCD maupun TV LED.



TV LED

TV LED adalah pengembangan dari TV LCD, menggunakan LED Backlight sebagai pengganti cahaya fluorescent yang digunakan pada TV LCD sebelumnya. Ada dua macam bentuk LED TV yang beredar di pasaran: RGB LED dengan LED yang diletakkan di belakang panel layar, atau EDGE-LED dimana LED diletakkan di sekeliling layar.

Mungkin TV LED adalah TV yang terbaik di antara ketiga teknologi TV layar datar. Keunggulan TV LED adalah tingkat contrast yang jauh lebih tinggi dibandingkan TV LCD , setara atau bahkan lebih tinggi daripada Plasma TV, lebih ramah lingkungan, konsumsi listrik yang lebih rendah dibandingkan TV LCD dan TV Plasma. Namun kekurangannya adalah harganya yang cukup mahal dibandingkan TV LCD dan TV Plasma untuk ukuran dan fitur yang sama.




Nah dari ketiga teknologi TV tersebut jelas Teknologi TV LCD, TV Plasma, dan TV LED memiliki Kekurangan dan Kelebihan masing masing.
Kita harus menyesuaikan kebutuhan dan dana yang kita miliki untuk dapat mendapatkan teknologi yang tepat.

Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan sebelum membeli TV dengan teknnologi layar datar, yang pertama tentu saja HARGA kemudian KONSUMSI DAYA LISTRIK, KONTRAS, SUDUT PANDANG, dan UMUR. Jika harga bukan masalah untuk Anda, TV LED adalah yang paling cocok untuk Anda. Sedangkan LCD lebih murah untuk ukuran kecil (di bawah 32 inch) dan Plasma lebih murah untuk ukuran besar (di atas 32 inch). LED dan LCD lebih hemat listrik dibanding Plasma. Untuk urusan kontras paling baik adalah Plasma kemudian LED dan LCD. TV LED dan Plasma adalah yang terbaik untuk urusan sudut pandang. Umur dari LCD dan LED TV tergantung pada umur dari lampu belakangnya, tetapi pada rata-rata umur TV tersebut seharusnya lebih daripada plasma TV. Tambahan Juga... Kalau beli, perhatikan juga garansi yang ditawarkan.. :D karena biasanya garansi menentukan kualitas.


Semoga Bermanfaat  |  Teknologi TV LCD, TV Plasma, dan TV LED






Advertisement RahmanCyber Network merupakan sumber beragam informasi seputar Tips dan Trik, berbagai Info Terkini, dan Pengetahuan lainnya | Selamat datang di http://rahmancyber.net | Semoga yang kita sajikan pada situs ini bisa bermanfaat bagi para pembaca...



Post a Comment

Berilah Komentar di sini, Harap Jangan Nyepam ya...

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only