11 Tips Menghadapi Stress Berlebih yang biasa dialami Pemuda Masa Transisi

8 Tips ampuh mengatasi stress berlebih



Siapa sih orang yang ndak pernah Stress? Semua orang pasti mengalaminya, walau intensitasnya mungkin berbeda beda satu sama lainnya, nah kali ini redaksi Rahman Cyber mengulas tentang Stres bertajuk " Tips Menghadapi Stress Berlebih" Stress itu dimana pikiran terasa tidak karuan dikarenakan masalah yang dihadapi terlalu berat untuk dipikirkan. Ada banyak contoh yang dapat menyebabkan stres, seperti pekerjaan yang sekian banyak, target belum tercapai, dan masalah lain yang sulit dihadapi sehingga mengakibatkan stres. Nah untuk itu kali ini saya ingin berbagi artikel mengenai Cara Efektif Mengatasi Pikiran Stres. Berikut beberapa cara untuk mengatasi stres secara efektif.

{getToc} $title={Table of Contents}



Nah RC mempunyai 8 Cara Efektif Mengatasi Stres Pikiran, terutama bagi pemuda dimasa transisi menjadi dewasa... Walau ini juga efektif buat sobat yang udah dewasa, bahkan sudah berumah tangga :



Oh iya artikel ini saya Update ya, karena ternyata sudah di Copas mentah mentah sama blog lain


1. Dengan Mengolah Nafas



Cobalah untuk duduk tenang disuatu tempat lalu tarik nafas dalam-dalam kemudian keluarkan secara perlahan dan lakukan olah nafas ini 6 kali berturut-turut, dengan cara ini pikiran akan terasa tenang dan nyaman.



2. Lakukan Hal Lain



Biasanya stress diakibatkan karena terlalu banyak masalah yang dipikiran. Maka dari itu lakukanlah hal lain yang bermanfaat agar masalah anda sejenak  dapat terlupakan,  misalnya: nonton TV , membersihkan rumah, berenang,  dll.



3. Liburan



Pilihlah tujuan rekreasi yang memiliki pemandangan sejuk dan nyaman. Dengan berlibur atau berwisata ke suatu tempat yang nyaman dengan keluarga atau orang-orang terdekat, masalah yang anda alami dapat terlupakan sejenak dan stress akan hilang dengan sendirinya.



4. Curhat ke Orang Lain yang dipercaya



Ceritakanlah segala masalah dan beban pikiran yang anda pendam kepada orang-orang terdekat seperti ibu, ayah, kakak atau adik atau orang terdekat anda lainnya. Dengan bercerita, kita akan merasa lega dan lebih baikan dan mungkin mereka dapat memberikan solusi yang lebih baik untuk membantu masalah yang kita hadapi.

tetapi berhati hatilah.. "keluargamu adalah tempat terbaik untuk itu"



5. Pijat-pijat Telinga



Pada telinga terdapat titik-titik refleksi yang bermanfaat merelasasikan pikiran. Memijat telinga akan membantu melepas endorfin ( hormon alami yang bisa mengakibatkan dampak nyaman ) di otak dan membuat kita lebih santai. Pijat telinga anda secara lembut dan perlahan-lahan menggunakan ibu jari dan telunjuk.



6. Mendengar Musik



Dengarkanlah music yang bisa membuat anda merasa tenang. Selain itu musik mempunyai dampak yang luar biasa untuk mengatasi stress dan juga musik jenis classic juga memiliki dampak yang baik untuk otak manusia.



7. Membaca Istighfar



Selalu ingat kepada yang maha kuasa adalah cara efektif untuk menghilangkan rasa stress. Berdzikirlah atau membaca al'quran apabila kamu sedang memiliki banyak masalah, niscaya alloh akan memberikan jalan kemudahan untuk masalah anda.



8. Berfikir Positif (Alternatif)



Dalam segala hal usahakan selalu berfikir positif agar tidak mudah terserang stress dan selalu menyemangati diri-sendiri, misalnya : aku pintar, aku pintar, saya pasti bisa dll.
 
 
 
 

9. Jangan Menunda nunda Pekerjaan

 
Hmm, ini yang sering saya alami, semakin ditunda, malah tambah pikiran... beneran deh, jadi beban semakin bertambah...  
 
Cobalah untuk membuat prioritas, jika kamu udah overload tentang suiatu pekerjaan, bilang aja sejujurnya.. 

Ceritakanlah pola kamu mengerjakan sesuatu, agar kamu tidak berat dan beban di pikiran... karena kadang semua masalah itu terjadi akibat Missed Komunikasi...



10. Belajar untuk tidak Meng Iyakan Semuanya...


Ya, terkadang rasa sungkan berlebihan, itu juga gak bagus buat kesehatan mental.. kalo emang gak sanggup, ya udah ceritakanlah alasan yang sebenarnya, kamu bisa kok menolak..

Dari pada nanti ngedumel dibelakang ya...
 
 
 

11. Terimalah Kenyataan

 
Pemuda Masa transisi, seringkali dihadapkan pada kenyataan bahwa teman temannya udah pada nikah, udah pada berumah tangga, bahkan udah banyak teman temannya yang punya momongan / anak.

Pernahkan anda galau karna terlalu overthingking... "nanti kalo nikah gimana ya", nanti bagaimana ya ya calonnya, apakah nanti bisa akur, apakah nanti ia bisa setia, apakah nanti... apakah nanti, apakah nanti lainnya...

 
Pada kenyataannya "menerima kenyataan" merupakan solusi untuk mengatasi overthingking tersebut..
 
Tiap orang memiliki jalan yang berbeda, bahkan titik start yang berbeda.
 
Ketika kita menyamakan semuanya, maka kita seperti menuangkan air panas di diri kita sendiri...
 
 

 
 










Nah itu beberapa Tips mengatasi stress, mungkin masih banyak lagi lainnya yang bisa anda sendiri temukan di sekitar anda... :)  - Saya juga membuat Tips yang baru saja saya update...  di RahmanCyber kategori artikel Kesehatan.


12 Pilihan Cara untuk Mengatasi Stress secara Mandiri




Salam



Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال