11/09/2011

Shalat jama' dan qashar

nah bagi kawan" yang sering berpergian jauh apalagi yang sering telat sholat jangan sampai tidak sholat atau membiarkan sholat kita bolong.Karna kita sebagai umat muslim sudah menjadi sebuah kewajiban. Usahakan sholat 5 waktu tepat waktu,kalau kepepet belum bisa. Nih ane ada bahasan dikit mengenai shalat jama' dan qashar. Mengulang pelajaran smk dikit...

1. Shalat jama'
shalat jama' adalah shalat dengan mengumpulkan dua shalat fardhu pada satu waktu. Adapun shalat yang boleh dijama' antara lain shalat dzuhur dengan 'ashar dan shalat maghrib dengan 'isya,selain itu tidak boleh dijama' isya' dengan shubuh atau ashar dengan maghrib

Cara mengerjakannya ada 2 cara:
1. Jama' taqdim,yaitu shalat jama' yang dikerjakan di waktu shalat yang pertama,misalnya dzuhur dan ashar dikerjakan di waktu dzuhur, maghrib dan isya' dikerjakan diwaktu maghrib.
Adapun syarat-syarat jama' taqdim adalah:
a.Berniat shalat jama'di waktu shalat pertama
b.Dikerjakan secara tertib sesuai urutan shalat.
c. Berturut-turut yakni tidak boleh diselingi dengan shalat lain.

2.Jama' Ta'khir,yaitu shalat jama' yang dikerjakan di waktu shalat kedua,misalnya dzuhur dan ashar dikerjakan di waktu ashar atau maghrib dan isya' dikerjakan diwaktu isya'.
Adapun syarat" sebagaimana syarat jama' taqdim hanya ditambah satu syarat lagi "masih dalam perjalanan ketika masuknya waktu shalat pertama."

3.Shalat Qashar
shalat qashar adalah dengan meringkaskan bilangan raka'atnya.Misal empat raka'at diringkas menjadi dua raka'at. Adapun shalat fardhu yang boleh di qashar adalah shalat dzhuhur,ashar,dan isya',sedangkan shalat yang lainnya tidak boleh untk diqashar.


Syarat shalat qashar:
1.Berpergian yang bukan untuk berma'siat
2.Berpergian sekurang-kurangnya berjarak-138Km atau dua hari dalam perjalanan kaki
3.Shalat yang diqhasar itu shalat dan bukan qadha
4.Tidak berma'mum kepada imam yang bukan shalat qashar
5.Berniat shalat qashar ketika takbiratul ihram.

Niatnya:
shalat dzuhur jama' taqdim dan qashar
Ushalli fardladh dhuhri rak'ataini qashran majmuu'an ilaihil 'ashru adaa-an lillaahi ta'aala AllahuAKBAR
artinya:
aku berniat shalat fardhu dzuhur qashar dua rakaat dengan jama'kepada shalat 'ashar,fardhu karena Allah ta'ala ,AllahuAKBAR.

Ok segitu dulu pembahasan dari ane,bila ada kekhilafan itu dari ane pribadi dan kalau ada kebenaran itu semata-mata datangnya dari Allah.
Jazakumullah khoiron katsiro.
Advertisement RahmanCyber Network merupakan sumber beragam informasi seputar Tips dan Trik, berbagai Info Terkini, dan Pengetahuan lainnya | Selamat datang di http://rahmancyber.net | Semoga yang kita sajikan pada situs ini bisa bermanfaat bagi para pembaca...



Post a Comment

Berilah Komentar di sini, Harap Jangan Nyepam ya...

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only