Pengertian Peer to peer sebagai Istilah dalam Komputer Jaringan ( NETWORKING )

Pengertian Peer to peer . Dalam sebuah jaringan peer to peer tidak terdapat server maupun client artinya setiap komputer yg terhubung ke dalam jaringan memiliki tingkatan yg sama. Biasanya jaringan peer to peer digunakan untuk berbagi pakai atau sharing data atau printer antara komputer yang ada dalam jaringan tersebut.Jaringan dengan sifat peer to peer disebut workgroup.


networking



{getToc} $title={Table of Contents}



Diatas itu adalah artikel asli yang saya tulis tahun 2011, dibawah ini adalah versi update dan penambahan 22/05/2021



Peer to Peer atau biasa disingkat P2P, merupakan Komputasi jaringan arsitektur aplikasi terdistribusi yang membagi tugas atau beban kerja di antara peer. 

 

Jadi tiap PC / Komputer / Peserta yang terhubung dalam jaringan P2P ( node peer-to-peer ), memiliki kekuatan dan hak istimewa yang sama.


Jaringan peer-to-peer (P2P) memiliki node yang saling berhubungan ("peer") yang berbagi sumber daya satu sama lain tanpa menggunakan sistem administrasi terpusat / server.

 



Peer membuat sebagian dari resource mereka, 

 

 

seperti daya pemrosesan, penyimpanan disk, atau bandwidth jaringan, tersedia langsung untuk peserta jaringan lain, tanpa perlu koordinasi pusat oleh server atau host yang stabil. Rekan yang merupakan bagian dari peserta P2P adalah pemasok dan konsumen sumber daya, berbeda dengan model klien-server tradisional di mana konsumsi dan pasokan sumber daya dibagi.

 



Sistem P2P ini sebelumnya telah digunakan di banyak domain aplikasi, 

 

 

arsitekturnya dipopulerkan oleh sistem berbagi file Napster , awalnya dirilis pada tahun 1999.  Konsep ini telah mengilhami struktur dan filosofi baru di banyak bidang interaksi manusia. Dalam konteks sosial seperti itu, peer-to-peer sebagai meme mengacu pada jejaring sosial egaliter yang telah muncul di seluruh masyarakat, yang dimungkinkan oleh teknologi Internet secara umum.



Contoh P2P Jaringan

Jaringan peer-to-peer umumnya menerapkan beberapa bentuk jaringan overlay virtual di atas topologi jaringan fisik, di mana simpul dalam hamparan membentuk subset dari simpul di jaringan fisik. 

 

Data masih dipertukarkan secara langsung melalui jaringan TCP / IP yang mendasarinya , tetapi pada lapisan aplikasi rekan-rekan dapat berkomunikasi satu sama lain secara langsung, melalui tautan overlay logis (masing-masing sesuai dengan jalur melalui jaringan fisik yang mendasarinya). Overlay digunakan untuk pengindeksan dan penemuan rekan, dan membuat sistem P2P tidak bergantung pada topologi jaringan fisik. 

 

Berdasarkan bagaimana node dihubungkan satu sama lain dalam jaringan overlay, dan bagaimana sumber daya diindeks dan ditempatkan, kita dapat mengklasifikasikan jaringan sebagai tidak terstruktur atau terstruktur (atau sebagai gabungan antara keduanya).





Jaringan P2P tidak Terstruktur



p2p tak terstruktur



Jaringan peer-to-peer tidak terstruktur tidak memaksakan struktur tertentu pada jaringan overlay dengan desain, melainkan dibentuk oleh node yang secara acak membentuk koneksi satu sama lain.

 

( Gnutella , Gossip , dan Kazaa adalah contoh protokol P2P tidak terstruktur).


Jaringan Terstruktur




P2P Terstruktur




Dalam jaringan peer-to-peer terstruktur overlay diatur ke dalam topologi tertentu, dan protokol memastikan bahwa setiap node dapat secara efisien mencari jaringan untuk file / sumber daya, bahkan jika sumber daya sangat jarang.


Jenis jaringan P2P terstruktur yang paling umum menerapkan tabel hash terdistribusi (DHT), di mana varian hashing yang konsisten digunakan untuk menetapkan kepemilikan setiap file ke peer tertentu. Ini memungkinkan rekan untuk mencari sumber daya di jaringan menggunakan tabel hash : yaitu, pasangan ( kunci , nilai ) disimpan di DHT, dan setiap node yang berpartisipasi dapat secara efisien mengambil nilai yang terkait dengan kunci yang diberikan . 

 

 

 

 

Model Hibrida

 

 

Model hybrid adalah kombinasi dari model peer-to-peer dan client-server.  Model hybrid yang umum adalah memiliki server pusat yang membantu rekan menemukan satu sama lain. 

 

Spotify adalah contoh model hybrid [hingga 2014]. Ada berbagai model hybrid, yang semuanya membuat trade-off antara fungsionalitas terpusat yang disediakan oleh jaringan server / klien terstruktur dan kesetaraan node yang diberikan oleh jaringan tak terstruktur peer-to-peer murni. 

 

Saat ini, model hybrid memiliki kinerja yang lebih baik daripada jaringan yang tidak terstruktur murni atau jaringan terstruktur murni karena fungsi tertentu, seperti pencarian, memang memerlukan fungsionalitas terpusat tetapi mendapat manfaat dari agregasi node terdesentralisasi yang disediakan oleh jaringan tidak terstruktur.




Sistem distribusi konten CoopNet


 

 

CoopNet (Jaringan Kerjasama) adalah sistem yang diusulkan untuk melayani pemuatan kepada rekan yang baru-baru ini mengunduh konten, diusulkan oleh ilmuwan komputer Venkata N. Padmanabhan dan Kunwadee Sripanidkulchai, bekerja di Microsoft Research dan Universitas Carnegie Mellon .

 

Ketika server mengalami peningkatan beban, server mengalihkan rekan yang masuk ke rekan lain yang telah setuju untuk mencerminkan konten, sehingga saldo off-loading dari server. Semua informasi disimpan di server. 

 

Sistem ini memanfaatkan fakta bahwa the bottle-neck kemungkinan besar berada pada bandwidth keluar daripada CPU, karena itu desainnya yang berpusat pada server. Ini menetapkan rekan ke rekan lain yang 'dekat dalam IP ' ke tetangganya [kisaran awalan yang sama] dalam upaya untuk menggunakan lokalitas. 

 

Jika beberapa rekan ditemukan dengan file yang sama, ini menunjukkan bahwa node memilih yang tercepat dari tetangganya. Media streaming ditransmisikan dengan meminta klien meng - cache aliran sebelumnya, dan kemudian mengirimkannya ke node baru.





Aplikasi P2P lainnya


https://en.wikipedia.org/wiki/Peer-to-peer



  • File torrent menghubungkan rekan-rekan
  • Bitcoin dan alternatif seperti Ether , Nxt dan Peercoin adalah cryptocurrency digital berbasis peer-to-peer .
  • Dalesa , cache web peer-to-peer untuk LAN (berdasarkan IP multicasting ).
  • Dat , platform penerbitan terkontrol versi terdistribusi.
  • Filecoin adalah open source , publik, cryptocurrency , dan sistem pembayaran digital yang dimaksudkan sebagai metode penyimpanan digital dan pengambilan data kooperatif berbasis blockchain .
  • I2P , jaringan overlay yang digunakan untuk menjelajahi Internet secara anonim .
  • The antarplanet File System (IPFS) adalah protokol dan jaringan yang dirancang untuk membuat konten-addressable metode, peer-to-peer menyimpan dan berbagi hypermedia protokol distribusi. Node dalam jaringan IPFS membentuk sistem file terdistribusi .
  • Jami , aplikasi obrolan dan SIP peer-to-peer .
  • JXTA , protokol peer-to-peer yang dirancang untuk platform Java .
  • Netsukuku , jaringan komunitas Nirkabel yang dirancang untuk independen dari Internet.
  • Open Garden , aplikasi berbagi koneksi yang berbagi akses Internet dengan perangkat lain menggunakan Wi-Fi atau Bluetooth.
  • Resilio Sync , aplikasi sinkronisasi direktori.
  • Riset seperti proyek Chord , utilitas penyimpanan PAST , P-Grid , dan sistem distribusi konten CoopNet .
  • Syncthing , aplikasi sinkronisasi direktori.
  • Aplikasi Tradepal dan M-commerce yang mendukung pasar waktu nyata.
  • The US Department of Defense sedang melakukan penelitian tentang jaringan P2P sebagai bagian dari strategi perang jaringan modern.  Pada Mei 2003, Anthony Tether , direktur DARPA saat itu , bersaksi bahwa militer Amerika Serikat menggunakan jaringan P2P.
  • WebTorrent adalah klien torrent streaming P2P dalam JavaScript untuk digunakan di browser web , serta dalam versi berdiri sendiri WebTorrent Desktop yang menjembatani jaringan tanpa server WebTorrent dan BitTorrent .
  • Tor (jaringan anonimitas)
  • Microsoft di Windows 10 menggunakan teknologi peer to peer berpemilik yang disebut "Pengoptimalan Pengiriman" untuk menyebarkan pembaruan sistem operasi menggunakan PC pengguna akhir baik di jaringan lokal atau PC lain. Menurut Channel 9 Microsoft itu menyebabkan pengurangan 30% -50% dalam penggunaan bandwidth Internet.
  • LANtastic Artisoft dibangun sebagai sistem operasi peer-to-peer. Mesin dapat menjadi server dan workstation pada saat yang bersamaan.












RahmanCyber Tutorial
Redaksi yang menulis berbagai Tutorial Berguna
http://www.rahmancyber.net
Facebook : /rahmancyber | Twitter : @RahmancyberNet

Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال