11/07/2011

Daftar beberapa istilah dalam Dunia Teknologi



*Media Penyimpanan

CF

Compact flash diperkenalkan tahun 1994,sebagai penerus pc mcia/pc card. kebanyakan digunakan pada kamera digital. Type 1(CF-1)memiliki dimensi 43x36x3,3mm,dan type 2 43x36x5,5mm. kapasitas mulai dari 64 Mb hingga 12 GB.

Flash Disk

bentuk storage exsternal yg biasanya menggunakan koneksi USB agar berkomunikasi dgn komputer. Basis penyimpanan data menggunakan solid - state memory sama seperti pd memory card. Secara dimensi,ia terbilang kecil dan karena interface koneksi langsung ke port USB,ia menjadi solusi storage external saat ini yg paling praktis.

M2

kependekan untuk memory stick micro m2. ukuran form factor terkecil untuk MS,hanya 1/4 dari MS pro duo. Mulai diumumkan pada september 2005 namun baru dipasarkan tahun 2006. Dimensi 15x12,5x1,2 mm.

Micro SD

microSD Card merupakan form terkecil dari SD Card. Dikenal juga dengan sebutan TransFLASH atau T-flash.Diperkenalkan tahun 2004,dimensi 11x15x1mm dgn berat 0,4gram. Kapasitas 16Mb hingga 1Gb.

Transfer Rate Speed

sama seperti pada optical drive,dinyatakan dalam satuan 'X'. dimana 1X=0,15 Mbps


*Networking

 

NAS

Network Attached Storage, secara umumnya ia adalah storage yg dikondisikan sedemikian rupa sehingga siap di akses di dalam jaringan,hal ini berlawanan dengan direct-attached storage

Modem

Modem berasal dari singkatan Modulator demodulator. Modulator merupakan bagian yg mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier)dan siap untk dikirimkan ,sedangkan demodulator adalah bagian yg memisahkan sinyal informasi(yg berisi data/pesan)dari sinyal pembawa yg diterima.

Storage Area Network(SAN)

jaringan dari unit-unit storage,biasanya jaringan dalam bentuk fibre channel dgn menggunakan fibre channel switch antara host dan storage.

Wireless Adapter

adalah alat untuk menghubungkan dua piranti komputer untuk bertukar informasi data tanpa menggunakan
kabel.



*Speaker


Coaxial

salah satu bentuk kabel yg digunakan sebagai interkoneksi antara peralatan elektronik untuk mengirimkan data audio atau video.
Kabel jenis ini,memiliki karakteristik penggunaan satu buah pin di tengah sebagai pengirim data dan dikelilingi pelindung logam yg berperan sebagai ground.Selain mengirimkan data analog,coaxial jg dpt mengirimkan data digital.

Driver atau tranducer

nama lain dari speaker itu sendiri yg tidak termasuk boks maupun komponen elektronik lainnya seperti amplifier. Ukuran tiap driver biasanya ditentukan dari diameter membran speaker dgn satuan inch.

Equalizer

alat untuk memperbaiki kualitas frekuensi yg diterima suatu rangkaian transmisi. alat ini biasanya dirangkaikan bersama alat transmisi lain

High Level Frequency

frekuensi level tinggi pada audio,biasanya berkisar antara 3khz dan 16 khz atau di atasnya .Lebih dikenal dg sebutan treble.

Middle level frequency

frequency level menengah, yg memiliki cakupan antara 250Hz hingga 3 Khz.Pd sistem audio,biasanya reproduksi untuk range frequensi ini diserahkan pada driver medium midrange/menengah.

Low level frequency

range frekuensi di bawah 250 Hz. Untuk benar2 dapat menghadirkan nada pada kisaran frequensi ini,ditambahkan speaker khusus yg disebut subwoofer yg dilengkapi komponen2 filtering tambahan. Reproduksi audio tingkat ini membutuhkan power paling besar.

Dolby Digital

salah satu teknologi untuk menghasilkan suara surround digital. Biasanya,teknologi ini di gunakan dalam pemrosesan dan pembentukan data audio untuk film-film di bioskop atau film pada media kepingan seperti Dvd. Untuk mengoptimalkan teknologi dolby digital yg dikembangkan oleh dolby laboratories ini.Dibutuhkan minimal 5 speaker full range dan 1 speaker low frequency(subwoofer).Atau jg bisa disebut,konfigurasi 6 channel




*Monitor



LCD

Liquid crystal display, adalah jenis monitor terbaru yg menggunakan bahan cairan kristal dalam bentuk penampang display di monitor.

Pixel

kependekan dari picture element yg merupakan elemen terkecil yg membentuk gambar didalam suatu monitor.

Colours

menunjukan berapa bnyk warna yg dapat ditampilkan oleh sebuah monitor. hingga saat ini monitor dapat menghadirkan hingga 16,7 milyar warna.

Contras

kontras adalah perbedaan dalam properti visual yg membuat suatu objek(atau reprensentasinya dalam gambar)dapat dibedakan antara objek satu dgn objek lain dan latar belakang.

Dithering

salah satu teknik dari program komputer untuk memprediksi suatu warna tertentu berdasarkan dari pencampuran warna-warna lainnya, ketika warna yg dimaksudkan tdk tersedia.

Rerponse time

menunjukkan seberapa cepat sebuah monitor bereaksi terhadap perubahan gambar dimonitor.




*Video card


core clock

nilai frekuensi yg dimiliki chip grafis pada video card,biasanya semakin besar nilai frekuensi ini,maka semakin tinggi kinerjanya.Nilainya dinyatakan dalam satuan Hz(hertz),dan juga biasa ditambahkan cakupan nilai seperti mega(jutaan),giga(miliaran),dan sebagainya.

D-sub

standard output port yg dipakai dan video card ke monitor dgn menggunakan koneksi 15 pin.





RahmanCyber List
Terangkum dalam sebuah Daftar
http://www.rahmancyber.net
Facebook : /rahmancyber | Twitter : @RahmancyberNet


Advertisement RahmanCyber Network merupakan sumber beragam informasi seputar Tips dan Trik, berbagai Info Terkini, dan Pengetahuan lainnya | Selamat datang di http://rahmancyber.net | Semoga yang kita sajikan pada situs ini bisa bermanfaat bagi para pembaca...



Post a Comment

Berilah Komentar di sini, Harap Jangan Nyepam ya...

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only