Dasar Pemrograman Flash Actionscript

Dasar Pemrograman Flash Actionscript

flash actionscript



Sebelum kita mengenal lebih jauh tentang pemprograman action script, alangkah lebih baiknya kita berkenalan dulu deh dengannya.

 

 

{getToc} $title={Table of Contents}



Actionscript merupakan bahasa pemrograman pada flash, bahasa itu diciptakan agar para developer dapat membuat aplikasi flash yg linier menjadi interaktif. Actionscript itu sendiri sudah dikembangkan sampai beberapa versi.Yaitu versi 1,2 dan terakhir sampai 3. Dengan actionscript kita dapat menyingkat waktu, contohnya animasi linier yg bergerak dari frame 1 ke frame 1000 ,dapat disingkat hanya dgn beberapa script saja.
Atau kita dapat juga menghubungkan tombol pada frame 1 ke frame lainnya(mengubah linear menjadi interaktif)

akan tetapi tdk semua flash movie memerlukan actionscript,berikut fungsi dasar yg dapat dilakukan actionscript:

-Animation

tidak memerlukan actionscript jika hanya membuat animasi sederhana.Tetapi script dapat membantu membuat animasi yang komplek.Sebagai contoh sebuah bola dapat memantul pada layer,disekeliling layer yang mengabaikan prinsip fisika.Tetapi jika bola itu memantul ketanah maka akan memerlukan prinsip grafitasi. Tanpa actionscript,kita akan membuat animasi tersebut sebanyak ratusan frame,Namun dengan Actionscript dapat dilakukan hanya dengan satu frame.

-Navigation

secara default bergerak kedepan satu demi satu frame sampai selesai. Dengan actionscript kita dapat membuat menu untuk berhenti disembarangan frame dan meneruskan ke frame lain

-Memperoleh data

sebuah actionscript dapat berinteraksi dengan server. Kita dapat meng update informasi dan menampilkannya ke user.

-User input

kita dapat memberi pertanyaan ke user untuk masukan dan mengirimkan informasi tersebut ke server.

-Calculation

Actionscript dapat melakukan kalkulasi, misal dapat diterapkan pada aplikasi shopping chart

-Graphic

Actionscript dapat mengubah suatu graphic,sudut rotasi,warna movieclip dalam movie,serta dapat menduplicat dan menghapus item dari screen.

-Dapat Mengenali Environment

ActionScript dapat mengambil nilai waktu dari dari sistem yg digunakan oleh user

-Memutar Music

memutar music dengan actionscript adalah sebuah altelnatif. Script dapat mengontrol balance dan volume,kita dapat menghasilkan inovasi baru dengan menghubungkan kemampuan actionscript dan imajinasi yang kuat.





Ok cukup sekian dulu pengenalan actionscript,tunggu kelanjutannya. Tetep tongkrongin rahmancyber media pembuka jendela dunia,











RahmanCyber Tutorial
Redaksi yang menulis berbagai Tutorial Berguna
http://www.rahmancyber.net
Facebook : /rahmancyber | Twitter : @RahmancyberNet



1 Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال